Homemade Strawberry Cheesecake

0
27

.Anda pastinya akrab dengan cheesecake. Teksturnya yang lembut meleleh di mulut, rasa gurih keju yang terpadu manis dengan aroma segar dan buah-buahan yang mempercantik penampilannya. Sekarang anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.

Strawberry Cheesecake adalah pilihan yang tepat ketika anda ingin membuat kue yang  terlihat mewah, lezat, namun mudah dibuat. Waktu yang anda butuhkan untuk meracik cake ini tidaklah lama, namun anda membutuhkan beberapa saat untuk mendinginkan dan mendapatkan aroma khasnya; bisa semalam hingga sehari penuh untuk mendapatkan aroma yang makin mantab. Semua penantian itu akan terbayar dengan kelezatan cheesecake buatan sendiri yang cantik ini.

Bahan I:
(untuk membuat alas)
genoise sponge cake 1 buah (bisa dibeli di swalayan atau dibuat sendiri*)
-selai strawberry 5 sdm
-strawberry segar 200 gram, iris tipis.

*Bahan genoise sponge cake:
-mentega 60 gram
-vanili 1/4 sdt
-gula pasir 100 gram
-terigu 85 gram, ayak!
-telur utuh 2 butir dan 3 kuning telur

Bahan II:
(untuk membuat bagian atas)
-cream cheese 374 gram
-whip cream 275 ml, kocok kental
-gula kastor 165 gram
-jeruk lemon 50 ml air sarinya
-gelatin 1 sdm
-air 80 ml

Cara Pembuatan I:
*genoise sponge cake

1. Panaskan oven 175 derajat Celcius. Sementara itu, siapkan loyang berdiameter 20cm, alasi dengan kertas minyak dan olesi margarine.
2. Rebus air dalam panci lain hingga mendidih, letakkan telur dan gula pasir dalam mangkuk tahan panas di atas air mendidih tersebut. (seperti men-tim coklat). Kocok dengan mixer hingga adonan terasa hangat bila disentuh, anngkat dari air panas. Kocok terus hingga kental, dan bila mixer diangkat, adonan meluncur seperti pita.
3. Masukkan ayakan tepung terigu secara bertahap, aduk rata. Masukkan mentega cair secara bertahap, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 35 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Cara Pembuatan II::

1. Siapkan cetakan cutter dan mika. Bentuk cake dengan cutter, pasang sebagai dasar cheesecake. Oleskan sedikit selai strawberry pada masing-masing permukaan cake, lalu susun strawberry menempel pada mika dalam posisi berdiri.
2. Tim gelatin dan air hingga larut. Kocok cream cheese dan gula kastor hingga gula larut, masukkan air jeruk lemon dan sedikit air jeruk nipis (berhati-hati lah dalam pemotongan supaya tidak pahit). Masukkan whip cream secara bertahap, aduk rata. Tuang adonan ke masing-masing selongsong mika, simpan dalam lemari pendingin hingga mengeras.
3. Hias sesuai selera dengan strawberry dan whip cream yang tersisa.
(miy)

SHARE