Sehat Rendah Lemak

0
27

.Memasak rendah lemak telah menjadi gaya hidup sehat masa kini. Selain lebih sehat, memasak rendah lemak bisa dilakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu bahan makanan khusus, cukup dengan mengubah sedikit gaya memasak sesuai tips di bawah ini.

Minyak
Alih-alih menuangnya langsung dari botol, mulailah mengukur jumlah minyak yang anda gunakan. Mulailah mengurangi penggunaan minyak sedikit demi sedikit. Gantilah mentega atau minyak dengan kaldu ayam atau kaldu sayur segar ketika menumis. Selain membuat masakan semakin lezat, hal ini pun akan mengurangi jumlah lemak yang masuk dalam makanan anda.

Kaldu bebas Lemak
Ketika memasak, anda bisa membuat kaldu ayam atau daging yang bebas lemak. Caranya,  dinginkan kaldu hasil rebusan ayam/ daging hingga lemak mengambang dan mengeras di atas. Dengan demikian anda bisa membuangnya dengan mudah sebelum menggunakan kaldu tersebut untuk memasak.

Melembutkan Tekstur Makanan
Apabila anda biasa mengentalkan dan melembutkan tekstur makanan dengan butter, susu, atau  kaldu ayam kental, mulailah mengurangi jumlah penggunaanya dan menambahkan sedikit tepung terigu dalam masakan. Makanan tersebut akan tetap memiliki tekstur kental yang halus namun jumlah lemaknya akan berkurang.

Salad Dressing
Salad adalah alternatif makanan rendah lemak yang baik, namun terkadang kita melupakan tingginya kandungan lemak dalam salad dressing, mayonnaise, atau thousand island yang digunakan. Untuk mengurangi jumlah lemak dalam salad anda, mulailah mengganti salad dressing biasa dengan grapeseed oil, sunflower oil, minyak zaitun atau lemon dan taburan rempah-rempah, garam, dan merica. Hal itu akan menambah variasi rasa dan manfaat makanan sehat anda.

Mengganti 30% Daging dengan Sayur
Ketika anda memasak masakan yang menggunakan daging dan sayuran, mulailah untuk mengurangi jumlah daging sebesar 30% dan menambah jumlah sayurnya sebesar 30%. Tanpa anda sadari, anda mengurangi jumlah lemak dan menambah serat dalam masakan anda.

(dari berbagai sumber)

SHARE