Bermotor Aman Saat Hujan

0
55

.Bermotor pada saat sedang hujan jelas beda dengan saat tidak hujan. Anda harus extra hati-hati agar tetap sampai ditujuan dengan selamat. Ada beberapa point yang harus anda perhatikan. Simak beberapa point penting dibawah ini.

Kesiapan Fisik
Jangan memaksa menembus hujan apabila anda tidak yakin dengan kondisi fisik anda. Lebih baik menepi dan berteduh daripada mengambil resiko menembus hujan , yang bisa membuat anda menjadi sakit dan mengganggu aktifitas lain yang jauh lebih penting.

Jas Hujan
Jangan pernah gunakan jas hujan model ponco, karena telah seringkali terjadi pengguna ponco nyaris celaka akibat ujung jas hujannya ketarik dan masuk ke roda belakang, gunakan jas hujan 2 pieces model baju dan celana. Pilih yg ukurannya sedikit lebih besar dr ukuran tubuh anda agar tidak lekas koyak serta bisa menyembunyikan tas punggung anda dgn cukup aman. Pilih jas hujan yang warnanya cerah dan ber-scothlight .

Cover Shoes
Sediakan covershoes dibawah jok anda untuk membungkus sepatu agar tetep kering dan tidak kuyup oleh air hujan. Saat ini ada banyak ragam cover shoes dijual dipasaran. Pilih yang paling baik dan tidak kebesaran, agar covershoes anda tidak tersangkut-sangkut di footstep pada saat kaki naik turun, ngerem dan pindah gigi.

Shampoo dan Lap
Pada saat hujan, titik air pada kaca helem anda akan mengangu pandangan. Sedia shampoo sachet dan lap chamois. Oleskan shampoo pada kaca helem agar air dan kotoran lekas luruh dan tidak hinggap berlama-lama dikaca helem. Gunakan lap utk menyeka cipratan Lumpur dari kendaraan lain di kaca helem anda. Lakukan hanya pada saat cukup aman. Dan jangan terlalu sering menyeka kaca helem karena bisa menggangu konsentrasi anda.

Melintasi Genangan Air
Hati-hati melintasi genangan air, sebaiknya perlahan saja agar cipratan air tidak mengenai pengguna jalan lain, serta tidak mengganggu system kelistrikan motor anda. Apabila anda menemui genangan air yang cukup dalam sampai sebatas kenalpot. Posisikan gigi pada gigi 1 atau gigi 2, tahan setengah kopling dan majukan perlahan. Jangan sampai air tersedot masuk kedalam knalpot. Motor anda bisa mogok dibuatnya

Menikung

Jangan menikung dengan terlalu rebah meskipun anda yakin dengan kemampuan ban, motor dan skill anda. Kondisi jalan basah dan berpasir bisa membuat anda terjatuh tanpa sempat mengantisipasi keadaan.

Mengerem
Gunakan 80% rem belakang, 20% rem depan. Pada kondisi hujan rem cakram cenderung kurang pakem karena piringan basah oleh air. Namun demikian tetap tidak disarankan untuk menggunakan rem depan terlalu sering.

Nyalakan Lampu
Hujan lebat membuat pandangan menjadi terbatas. Baik bagi pengendara motor maupun pengendara mobil. Untuk itu nyalakan lampu motor anda agar mudah dilihat dan terlihat oleh pengendara lain.

-CST-

SHARE