Perawatan Ringan Radiator Mobil

0
26

.Radiator mobil adalah salah satu bagian penting untuk proses pendinginan mesin. Oleh karenanya radiator wajib untuk terus di cek dan diperiksa setiap kali anda hendak mengunakan mobil Anda. Radiator juga berkompeten terjadi pengendapan Lumpur didalamnya, yang bisa menyumbat kelancaran sirkulasi air. Bagi Anda yang ingin coba-coba melakukan perawatan ringan radiator, tips dibawah ini mungkin berguna untuk Anda ketahui. 

Ikuti langkah-langkah berikut :

1.Kuras seluruh isi Radiator.
Buka petutup lubang pengisian Radiator bagian atas, kemudian buka Lubang pembuangan radiator yang terletak di bagian kanan/kiri bawah Radiator. Kosongkan air radiator lewat lubang pembuangan ini.

2.Bilas Radiator.
Setelah air terkuras semua, biasanya masih ada sisa air yang terjebak di ruang mesin sekitar 1-2 liter, untuk itu anda harus membilasnya. Caranya Tutup kembali lubang pembuangan air Radiator, isi radiator dengan air aki botol biru (bukan accu zuur) hingga penuh (lubang pengisian jangan ditutup, untuk mengetahui jika ada kekurangan air akibat udara yang terjebak di dalam mesin dan baru keluar saat mesin dijalankan, tambahkan air jika berkurang). Nyalakan mesin hingga mencapai suhu ideal, TERMOSTAT baru akan terbuka  pada suhu ini dan air bisa bersirkulasi sempurna dari ruang mesin ke Radiator, biarkan mesin menyala hingga +/- 15 menit, matikan mesin dan biarkan agak dingin, kuras air seperti langkah no.1, anda bisa mengulangi langkah no. 2 sebanyak sekali atau 2 kali lagi jika perlu.

3.Pengecekan Akhir
Langkah terakhir setelah yakin bahwa ruang mesin, radiator dan jalur sirkulasinya cukup bersih dari air mineral/tanah, tutup kembali lubang pembuangan dengan kekencangan secukupnya, lebih baik lagi jika lubang pembunagan dililit seal tape untuk menghindari rembesan.

-CST-

SHARE