Jeli Berkontrasepsi

0
43

.Bagi sebagian pasangan, saat ingin melakukan perencanaan keluarga, tentunya memilih kontrasepsi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mungkin, artikel di bawah ini bisa membantu Anda memilih alat kontrasepsi yang tepat dan Sesuai.

Macam-macam Alat Kontrasepsi

1. Implan.
Kelebihan: Dokter memasukan tangkai seukuran korek api tepat di bawah kulit, yang melepaskan hormon menyerupai progesteron ke dalam pembuluh darah. Sekitar 300.000 wanita memilih metode yang mulai populer sejak tahun 2001. Biayanya cukup murah (Rp 400.000,- s/d Rp 700.000,-) dan bertahan sekitar 3 tahun dan peluang suksesnya hingga 99%. Kekurangan:Bila Anda ngeri dengan jarum, cara ini tidak cocok untuk Anda. Tambahan lagi siklus haid jadi tidak teratur dan suasana hati (mood) jadi tidak stabil.

2. Suntik.
Kelebihan: Anda mengunjungi ginekolog setiap 3 bulan sekali untuk melakukan suntikan hormon pencegah kehamilan. Biayanya tidak terlalu mahal dan efektifitasnya sangat tinggi.
Kekurangan: Dapat mengalami perdarahan bercak di luar siklus haid atau justru haid menjadi jarang. Setelah Anda berhenti menyuntik, mungkin butuh waktu beberapa bulan untuk kembali pada siklus biasa.

3. Pil.
Kelebihan: Banyak wanita menelan pil anti hamil dan 99% efektif bila mereka mengonsumsinya di waktu yang sama setiap hari.
Kekurangan: Cara ini tidak dapat melindungi wanita dari penyakit menular seksual. Selain menurut anggapan beberapa wanita seringkali dapat mengurangi libido.

4. Kondom.
Kelebihan: Cara ini sudah lama, sejak masih terbuat dari usus domba. Sekarang kondom suda tersedia dalam berbagai variasi: berwarna, bertekstur, dapar bersinar dalam gelap, memiliki cita rasa, bahkan di Jerman sudah dikembangkan dalambentuk pray (semprotan).
Kekurangan: Meskipun kondom adalah ?senjata? nomor satu untuk melawan penyakit seksual, memakainya terasa sangat menyebalkan.

SHARE