Cinta dalam Sepotong Motif Batik

0
88

.Tahukah anda bahwa motif batik Truntum merupakan simbol dari cinta yang bersemi kembali yang diciptakan oleh Ratu Keraton Yogyakarta?

Alkisah suatu ketika terdapat seorang Ratu yang selama ini sangat dicintai dan dimanja oleh Raja Keraton Yogyakarta. Ratu ini hidup bahagia bersama sang Raja hingga kedatangan seorang selir yang kemudian menjadi kekasih baru sang Raja.  Sang Ratu mulai merasa kesepian dan sedih sehingga untuk menghibur diri, Ratu itu pun mulai membatik.

Secara tidak sadar, sang Ratu membuat motif berbentuk bintang-bintang di atas dasar berwarna gelap. Dasar berwarna gelap itu merupakan perlambangan langit malam yang kelam dan bintang-bintang adalah penghibur sang Ratu di saat beliau kesepian.  Bintang-bintang adalah teman setia sang Ratu.

Lama kelamaan, sang ratu mulai melupakan kesedihannya dan sedikit demi sedikit mulai larut dalam keasyikan membatik. Ketekukan sang Ratu dalam membatik tersebut mulai menarik perhatian sang Raja yang kemudian mulai mendekati sang Ratu untuk melihat pembatikannya. Sejak itu Raja selalu memantau perkembangan batik kesayangan sang Ratu tersebut dan perlahan tapi pasti, cinta sang Raja mulai kembali tumbuh bagi sang Ratu.

Berkat batik ini, cinta sang Raja kepada Ratu tumbuh kembali. Istilahnya saat itu: ‘tum-tum’ kembali. Karena itu lah motif bintang-bintang cerah di atas kain sekelam malam ini diberi nama batik Truntum, sebagai lambang cinta yang bersemi kembali.

(dari berbagai sumber)

SHARE