Terapi Herbal Untuk Pilek

0
30

.Di saat kondisi cuaca sedang tidak menentu, pilek bisa jadi merupakan penyakit yang kerap kali menjangkit. Namun, jika Anda mulai jenuh mengkonsumsi bahan-bahan kimia, tidak ada salahnya mulai mencoba resep herbal berikut ini.

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun sirih dan empu kunyit. Mula-mula, siapkan 10 lembar daun sirih dan 25 gr empu kunyit (dipotong-potong). Cuci bersih lalu rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring lalu tambahkan madu atau gula batu. Minum airnya 2-3 kali sehari, sebanyak 100-150 cc tiap kali minum.

Cara kedua adalah dengan menggunakan sambiloto. Mula-mula, siapkan daun sambiloto kering dan tumbuk hingga menjadi bubuk. Ambil 1-2 gram bubuk tersebut, lalu seduh dengan air panas. Tambahkan madu kemudian aduk hingga rata. Minum selagi hangat. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan sambung nyawa dan pegangan. Mula-mula, siapkan sambung nyawa segar dan 15 gr pegangan segar. Cuci bersih lalu blender. Tambahkan 150 cc air matang dan blender kembali. Saring dan minum airnya 2 kali sehari.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan jahe, bawang putih, dan jeruk lemon. Mula-mula, siapkan 10 gr jahe segar dan 1 siung bawang putih, cuci bersih, lalu haluskan. Seduh dengan air panas 200 cc lalu tambahkan air perasan dari 1/2 buah jeruk lemon dan madu. Minum selagi hangat. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Selamat mencoba!

SHARE