Kamboja

0
35

.Embun pagi menyambut kulit dengan kesejukan yang menyegarkan. Kegelapan masih menyergap lantaran mentari belum muncul di ufuk. Selepas gerbang masuk, hanya kegelapan yang menyelimuti hutan-hutan di pinggir kota Siem Reap, kota utama kedua setelah ibukota Phnom Penh, sekaligus kota pariwisata Kamboja. Nun di depan sana terlihat kerlap-kerlip lampu mobil dan bus yang membawa para turis menuju kompleks candi-candi Angkor.

Angkor Wat, candi terbesar di kompleks candi-candi Angkor merupakan magnet utama turis yang mengunjungi Kamboja. Ada ratusan candi yang tersebar di radius hingga lebih dari 20 kilometer dari Siem Reap, dengan Angkor Wat dan Angkor Thom sebagai candi teramai dan terapik. Saking tersohornya Angkor Wat, sampai-sampai dijadikan sebagai lambang negara Kamboja yang terpampang di bendera nasional mereka. Terhampar di seluas 4,8 kilometer persegi, Angkor Wat dikelilingi danau buatan atau disebut moat selebar 190 meter. Persis di hadapan candi utama, terdapat pula danau buatan yang penuh bunga teratai bila musimnya tiba. Danau inilah yang mempercantik Angkor Wat.

Refleksi candi di permukaan danau bak cermin yang ditaburi bunga teratai. Apalagi pada saat matahari terbit persis di belakang Angkor Wat, suasana hening di kesejukan pagi terasa amat damai dan romantis. Menyaksikan matahari terbit merupakan menu wajib. Pastikan Anda bangun pagi dan jam 5 subuh sudah meluncur meninggalkan hotel, jika tak ingin keduluan matahari terbit. Bawalah senter kecil sebab penerangan di Angkor Wat tak memadai. Temukan tempat favorit di tepi danau kecil Angkor Wat dan buatlah diri Anda nyaman sembari memotret mentari yang bangun di ufuk timur.

Sebagai candi tetangga Angkor Wat, Angkor Thom merupakan kompleks kecil candi-candi yang hanya berjarak tak lebih 1 km dari Angkor Wat. Candi paling terkenal di Angkor Thom adalah Bayon. Terletak di dekat Gerbang Selatan Angkor Thom, Bayon diperkirakan merupakan pusat kota kecil Angkor Thom. Angkor Thom sendiri diperkirakan merupakan kompleks pusat pemerintahan Kerajaan Khmer pada abad 12-13. Secara fotografi, Bayon merupakan candi yang paling fotogenik di Angkor Thom.
 
Ada danau kecil di salah satu sisi Bayon, dan jika beruntung Anda bisa menyaksikan sekawanan angsa berenang di sana, seperti hiasan hidup yang mempercantik Bayon. Pada sekeliling bagian atas candi dihiasi 216 pahatan wajah Avalokiteswara, menghadap ke seluruh penjuru mata angin. Sangat mengagumkan melihat pahatan detail yang dibuat penuh berkeliling dinding candi. Tak hanya di dinding, bahkan tiang-tiang dan bingkai pintu pun dipahat secara indah.

Sejurus dari Bayon terdapat candi Baphuon, yang konon juga merupakan gedung pemerintahan Kerajaan Khmer. Masuk melalui pintu gerbang utama, pengunjung disambut dengan jalanan di atas danau sepanjang sekitar 200 meter. Terasa benar betapa tinggi cita rasa raja-raja Khmer yang merancang, membangun dan menggunakannya.

(sumber: Esquire Indonesia)

SHARE