Resep Ayu Dari Dapur Leluhur

0
115

.Dari buah, daundaunan, sampai rimpang, dipercaya bisa membuat kulit halus dan tubuh cantik awet muda.

Kunyit
Kandungan kurkumin rimpang berwarna kuning oranye ini bersifat antiradang dan antiseptik alami bisa digunakan untuk membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat. Karena itu, kunyit digunakan sebagai campuran masker wajah. Kunyit juga berkhasiat sebagai antioksidan yang bermanfaat menjaga tubuh tetap sehat dan awet muda. Tak heran jika kunyit digunakan sebagai campuran lulur, yang menghasilkan warna kuning langsat yang cerah (karena itu sering disebut lulur kuning).

Jahe
Kehangatan dan khasiat rimpang yang satu ini kondang seantero dunia. Zatzat aktif di dalamnya, seperti minyak atsiri (gingerol), lemak, protein, dan berbagai vitamin, antara lain mengandung daya untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat tubuh lebih segar. Jahe juga bisa diandalkan untuk mengatasi kulit kasar, misalnya pada daerah siku dan tumit. Karena itu, boreh Bali menggunakan jahe sebagai salah satu bahan utamanya.

Kencur
Rimpang mungil, tidak berserat, berwarna putih, memiliki aroma dan rasa pedas yang khas ini cukup beken. Siapa tidak kenal jamu segar beras kencur, yang selalu ada di dalam keranjang mbakyu jamu gendongan, bahkan ada yang dijual dalam bentuk kemasan kotak modern. Selain baik untuk kesehatan, kencur juga merupakan tabir surya alami dan juga bersifat antioksidan sehingga dipercaya hebat untuk kecantikan kulit. Sering menjadi campuran dalam lulur, masker, sampai sauna.

Bengkoang
Ahh, segarnya bengkoang jika dijadikan bahan untuk asinan! Tapi, bengkoang juga bikin kulit tubuh dan wajah menjadi segar, loh! Masker dan lulur bengkoang selalu ada dalam daftar perawatan di spa, klinik kecantikan, maupun salon keliling. Bengkoang memang memiliki kandungan yang mencerahkan kulit, mengatasi noda atau vlek hitam, dan menyamarkan hingga melenyapkan bekas-bekas jerawat.

Kelapa
Minyak kelapa dikenal sebagai bahan utama cem-ceman: ramuan tradisional penyubur dan penghitam rambut. Campurannya adalah bermacam rempahrempah, daun, bunga-bunga yang wangi seperti melati, kenanga, atau kantil.

Mentimun
Mata Anda sembap? Iris mentimun dan tempelkan pada mata yang sembap. Mata sembap Anda kembali segar. Ada banyak khasiat mentimun, sebagai astringent alami akan membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi efek kilau pada kulit berminyak dengan menjaga keseimbangan minyak di kulit, serta mengencangkan kulit. Kandungan fruity acid membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi noda.

Temulawak
Rimpang ini banyak digunakan untuk pengobatan dan bahan kosmetik tradisional. Bayangkan temulawak yang mengandung antioksidan, antijamur, dan antibakteri ini dipercaya bisa membersihkan darah, menghilangkan bau badan, menghambat proses penuaan dini, mengatasi jerawat, hingga mengatasi dan mencegah kulit kasar. Kolesterol tinggi? Temulawak membantu menguranginya. Ingin langsing alami? Temulawak bisa membantu proses pencernaan di perut dan punya khasiat anti lemak. Sebaiknya, dikonsumsi sewaktu mau tidur untuk menghindari efek rangsangan nafsu makan.

Temugiring
Masyarakat Jawa sejak zaman dahulu sudah memanfaatkan temugiring untuk campuran bermacam lulur. Yang digunakan adalah rimpangnya yang berwarna kuning dan terasa pahit. Kandungan zat di dalamnya diketahui bermanfaat untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Bahkan ada yang mengatakan bahwa temugiring bisa menghilangkan bau badan.

Kemiri
Kandungan minyak dalam kemiri cukup tinggi. Khasiatnya adalah membuat rambut lebih kuat, subur, dan hitam. Biasa juga digunakan untuk mencegak kerontokan dan menyuburkan alis. Kemiri tumbuk disangrai, diberi air sedikit, lalu minyaknya dioleskan di kulit kepala atau di tempat tumbuh alis. Kalau digunakan secara rutin, hasilnya akan cepat terlihat.

Kayu Manis
Jangan biarkan jerawat mengganggu penampilan. Jerawat juga menyebabkan riasan tak bisa tampil maksimal. Salah satu bahan alami yang mujarab untuk mengatasinya adalah kayu manis. Resep yang paling mudah adalah mencampurkannya dengan madu asli, dioleskan pada jerawat saat menjelang tidur. Jangan lupa membasuhnya dengan air hangat pada keesokan hari begitu bangun tidur.

Daun Sirih
Wajah cantik, kulit mulus, tapi bau badan? Kecantikan Anda menjadi tidak total. Soal bau badan ini juga sudah dijadikan perhatian oleh nenek moyang kita. Salah satu andalan dalam ramuan tradisional adalah daun sirih yang di dalamnya mengandung khasiat antiseptik. Cukup mandi dengan menggunakan air hangat, hasil rebusan daun sirih.

Pepaya
Mulai dari buah, biji, daun, hingga getahnya punya khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Getah pepaya yang antara lain mengandung papain, sejak dahulu dikenal sebagai masker mujarab untuk meluruhkan sel kulit mati pada wajah, tubuh, hingga mampu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah.

Jeruk Nipis
Aromanya sangat khas, dan rasanya sangat asam. Dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, termasuk bau ketiak yang sangat mengganggu penampilan. Perasan air jeruk nipis dicampur dengan kapur sirih akan menghasilkan ramuan mujarab anti bau badan.

Manggis
Buah manggis adalah buah asli Indonesia. Kabarnya, mulai dari kulitnya yang tebal, daging buah, hingga bijinya, sangat bermanfaat. Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa khasiat manggis salah satunya mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Di dalam manggis memang terkandung muatan antioksidan yang sangat tinggi. Manggis bisa menjaga serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang telah rusak, sehingga membantu tubuh jadi awet muda. Kulit manggis juga dapat dijadikan sebagai masker pada wajah. Caranya mudah saja. Cukup campurkan kulit manggis yang telah digiling sampai halus dengan pati beras. Oleskan ke wajah.

(sumber: Good Housekeeping Indonesia)

SHARE