Think Globally, Eat Locally

0
39

.Bagaimana cara menyelamatkan bumi? Tak usah berpikir kelewat muluk!

Cara termudah, konsumsilah produk lokal termasuk buah lokal. Faktanya, kita bisa mengurangi emisi CO2 dari alat transportasi yang mengangkut buah tersebut.

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia. Buah-buahan lokal di negeri tropis ini justru punya nilai gizi yang dahsyat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh!! FITNESS mengupas rahasia kandungan 8 buah tropis nan eksotis, sekaligus menyapu jauh-jauh mitos tentang beberapa jenis buah tropis seperti nanas dan durian yang katanya merugikan kesehatan.

1. Semangka
Jika sering bermasalah dengan saluran kemih, inilah saatnya Anda lebih banyak mengasup buah ini. Semangka adalah buah yang kaya kandungan air serta bersifat diuretik. Artinya buah ini bisa membuat kandung kemih Anda mudah memproduksi air seni. “Semangka, mengandung lycopene dan betacaroten melimpah yang ampuh tangkal kanker,” urai Drs. Susianto, MKM, pakar nutrisi sekaligus penulis buku Cara Enak Hidup Ala Vegetarian. Sajikan sepiring semangka untuk si dia. Pasalnya, semangka bisa mencegah pria terserang kanker prostat.

2. Alpukat
Seperti kita ketahui, Omega-3 adalah asam esensial yang tak diproduksi dalam tubuh dan sangat bermanfaat. Ia mampu menekan kolesterol, mendongkrak kecerdasan, dan melawan peradangan. Tahukah Anda bahwa alpukat ternyata sumber Omega-3 yang baik? “Omega-3 tidak stabil terhadap pemanasan, jadi bisa berkurang kadarnya. Nah, alpukat dapat dikonsumsi tanpa diolah. Jadi Anda mendapatkan Omega-3 yang belum rusak,” terang Susianto.

3. Nanas
Masih ragu makan nanas? Wajar, karena buah ini sering dianggap menjadi musuh kaum wanita. Padahal nanas sangat kaya manfaat. “Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas bisa mencegah arteoklorisis atau penyumbatan pembuluh darah,” ujar Susianto. Selain itu nanas mengandung enzim percernaan yang dapat membantu tubuh mencerna makanan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh. “Makan nanas 15 menit sebelum menyantap makanan utama adalah langkah baik karena nanas bisa bantu tubuh mencerna lebih sempuna,” jelas Susianto lagi.

4. Pepaya
Buah ini identik dengan masalah pencernaan. Bila sulit ke belakang?, Anda pasti merujuk buah ini untuk segera dikonsumsi. Benar, pepaya mengandung enzim papain yang baik buat percernaan. Tak hanya itu, buah ini punya kadar vitamin C yang tinggi. “Semua buah kaya antioksidan,dipercaya ampuh tangkal kanker. Dalam pepaya terdapat flavonoid yang ampuh tangkis kanker,” jelas Susianto.

5. Jambu Biji
Kabar baik bagi Anda pengidap darah rendah akibat kekurangan zat besi. Jambu biji bisa jadi penolong?! Mengapa demikian? Karena zat besi mudah diserap tubuh jika bersamaan dengan vitamin C. “Vitamin C akan meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi yang terkandung dari makanan lain seperti sayuran hijau dengan baik. Cara ini relatif lebih alami, Anda tak perlu minum suplemen zat besi. Mengapa? Karena zat besi itu seperti pedang bermata ganda. Ia bermanfaat bagi saraf, mencegah anemia dan otak sangat membutuhkannya.Tetapi kalau sampai overdosis, ia akan mengendap dalam tubuh dan memicu penyakit jantung dan stroke,” papar Susianto. Dalam tubuh, zat besi mempunyai 2 bentuk yaitu Fe3 (feri) dan Fe2+ (fero). Tubuh kita hanya mampu menyerap fero. Nah, feri tersebut akan di-redoks (reduksi oksidasi menjadi fero) dan yang bisa menjalankan fungsi tersebut adalah vitamin C.

6. Pisang
Hipertensi tak lagi cuma diidap orang tua. Kaum muda sekarang sudah banyak yang terserang. Sebelum kondisi itu muncul, cegah hipertensi dengan rutin mengonsumsi pisang. Buah ini tak kenal musim hujan ataupun panas. Pisang dapat kita jumpai sepanjang tahun. Susianto menjelaskan,”Kalium banyak terkandung dalam pisang. Lawan kalium adalah natrium. Sifat natrium yang mengikat air dalam darah menyebabkan tekanan tinggi dalam pipa-pipa halus pembuluh darah. Nah, kalium dalam tubuh diperlukan untuk menetralisir natrium tadi.”

7. Durian
Buah ini disebut sebagai “King of Fruit” alias rajanya buah. “Karena durian mengandung semua ragam zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja zat gizi seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin semua ada di buah beraroma kuat ini,” ujar Susianto. Kabar baik lainnya, ternyata durian tidak mengandung kolesterol. “Hanya manusia dan hewan saja yang dapat menghasilkan kolesterol sedangkan tumbuhan tidak memproduksi kolesterol. Memang bagi penderita darah tinggi harus membatasi atau hati-hati dalam mengasup buah jenis ini, karena dapat mendongkrak kadar kolesterol yang memang sudah dimiliki orang itu dalam tubuhnya,” urai Susianto.

8. Manggis
Kalau tadi kita sudah mengenal raja buah sekarang kita kenalan dengan sang ratu buah. “The Queen of Fruit” ini memiliki sifat mendinginkan tubuh. “Secara ilmu kedokteran memang tak dikenal istilah panas dalam, tapi kita sering merasakannya. Biasanya tubuh terasa panas karena di dalam tubuh terlalu banyak kalori yang tidak bisa digunakan sekaligus. Nah, zat pendingin dalam manggis ini mampu meredam panas dalam tersebut,”papar Susianto. Buah ini dijuluki sang ratu karena ia mampu menetralisir sang raja. “Jadi jika Anda kalap makan buah durian, tak ada salahnya makan buah manggis buat penutup,” ungkapnya. Manggis memiliki antioksidan kuat terutama pada bagian kulit yang ampuh menghambat peradangan. Tak salah jika sering dijadikan obat sariawan.

(sumber: Fitness Indonesia)

SHARE