Chevrolet Cruze 1.8 LT AT

0
69

.Chevrolet Cruze 1.8 LT AT
Menantang Samurai Jepang

Sedan berotot Paman Sam yang akan bertarung dengan para Samurai Jepang

Hanya berselang dua minggu usai pengumuman rencana kehadiran Chevrolet Cruze di Tanah Air oleh PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI), kami telah mendapatkan kesempatan untuk bersua langsung dengan sosok Cruze. Lekuk tubuhnya kekar, wajahnya sangat khas dengan grille model bertingkat yang besar dan tampak kokoh khas Chevrolet. Garis desain Cruze memang menyiratkan sebuah ?muscle car mungil? yang memiliki performa kuat, lekuk atap yang melandai ke belakang berkesan agresif, hingga lampu belakang yang semakin menegaskan nilai kedinamisannya.

Di Tanah Air, Chevrolet Cruze secara tegas akan menantang para samurai Jepang, Toyota Corolla Altis dan Honda Civic. Dari dimensi eksteriornya, Cruze menyiratkan angka yang lebih besar dari kedua rivalnya tersebut. Dimensi Cruze (4.535×1.796×1.480 mm) sedikit lebih pendek, lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan Civic (4.540×1.755×1.435 mm) dan Corolla Altis (4.540×1.760×1.465 mm).

Hal yang lebih istimewa hadir di dalam kabinnya. Chevrolet tampaknya memberikan yang terbaik untuk ikon baru sedan mediumnya. Dashboard dengan kombinasi dua warna berlapis kulit coklat dan hitam memberikan kesan mewah. Di konsol tengah, desain dan tata letak panel kontrol yang impresif membuat kabin Cruze tampak modern. Material dan detail finishing-nya juga begitu rapih, apalagi sentuhan aksen plastik berwarna perak aluminiumnya memberikan karakter yang lebih sporty.

Cruze yang menginjakkan kakinya di jalan raya Tanah Air menggendong mesin 1.8 liter bertenaga 138 hp pada 6.300 rpm dan torsi puncak 175 Nm pada 3.800 rpm. Varian bertransmisi otomatis yang kami coba, memiliki transmisi 6-speed dengan mode perpindahan manual (steptronic).  Data teknis yang dimiliki Chevrolet, Cruze 1.8 liter bertransmisi otomatis ini dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 11,2 detik. Konsumsi bahan bakar yang diklaim adalah 12,8 kpl.

Duduk di balik kemudinya, posisi mengemudi terbaik bisa didapat berkat tempat duduk yang memiliki pengaturan luas. Di kursinya terasa nyaman. Suara mesin tersekat baik di dalam kabin. Saat pedal akselerator mulai diinjak, terasa sedikit berat, tak seringan rival Jepangnya, namun memberikan dorongan yang lama-kelamaan terasa cukup agresif. Putaran kemudinya juga terasa lebih berat jika dibandingkan Corolla atau Altis, namun tetap dapat beraksi gesit dan akurat saat perlu bermanuver singkat.

Suspensinya secara umum terasa empuk, dengan kabin yang cukup senyap dan nyaman. Balutan bahan kulit turut menjadikan ruang kabinnya terasa nyaman. Kenyamanan lebih banyak didapatkan dari ruang gerak yang cukup lapang di dalam kabinnya. Namun tampaknya hal itu sedikit mengorbankan ruang bagasi yang saat diamati terasa kecil. Dan ternyata memang hal tersebut terbukti benar dengan data kapasitas bagasi yang kami dapatkan. Bagasi Cruze ternyata hanya memiliki kapasitas 375 liter, lebih kecil dibandingkan Corolla Altis (475 liter).

Hal lain yang perlu diperhatikan dari Cruze adalah tawaran fitur-fitur yang belimpah. Sebut saja, dual airbag, ABS, kontrol traksi, cruise control dan kontrol stabilitas elektronik untuk keselamatan. Belum lagi, untuk kenyamanan, penyejuk kabin dilengkapi dengan pengontrol kualitas udara kabin yang beroperasi secara otomatis.

Kelebihan
– Desain yang kokoh
– Fitur yang berlimpah
– Kenyamanan dalam kabin

Kekurangan
– Bagasi yang kecil

Data & Fakta

Harga          Rp 300 ? 360 juta (estimasi)
Mesin          4-silinder segaris, 1.796 cc
Tenaga       138 hp @ 6.300 rpm
Torsi           175 Nm @ 3.800 rpm
Transmisi    Otomatis 6-speed
Akselerasi 0 ? 100 kpj 11,2 detik
Konsumsi BBM     12,8 kpl

(sumber : Autocar Indonesia)

SHARE