Tips Belajar Fotografi Otodidak untuk Pemula

0
28

.Saat ini, kamera foto (pocket maupun DSLR) sudah cukup umum untuk dimiliki siapapun. Teknologi yang lebih terjangkau dan berbagai cara untuk memamerkan hasil pun lebih bervariatif. Tidak heran jika saat ini fotografi menjadi hobi sebagian besar orang. Namun keinginan untuk mempelajari fotografi dengan benar tidak tumbuh seiring dengan bertambahnya pehobi fotografi. Berikut adalah tips-tips untuk memulai mempelajari fotografi secara otodidak dengan lebih baik.

1. Kenali Kamera Anda
Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan hubungan Anda dengan kamera Anda. Kenali setiap fungsi dari kamera Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan kinerja dari kamera Anda.

2. Shutter Speed-Diafragma-ISO
Pelajari ketiga hal yang paling mendasar tersebut. Perhatikan penggunaannya dan pahami keterkaitannya.

3. Pelajari Komposisi
Komposisi yang menarik akan memberikan efek yang bagus untuk hasil foto Anda.

4. Terus Berlatih dan Sharing
Tanpa latihan, hal-hal yang telah dipelajari akan menjadi sia-sia. Begitu pula dengan sharing, tanpa sharing dengan teman, kita tidak pernah tahu kelemahan kita.

Jika Anda berminat untuk mendalami lebih jauh, Anda mungkin dapat bergabung dengan komunitas atau belajar secara formal di lembaga-lembaga fotografi. Selamat belajar dan nikmati keindahan karya foto Anda.  

 

SHARE