Bakmi Mbah Mo: Petualangan Sejati Mencari Mi Ikonis Jogja

0
57

.

Bakmi Mbah Mo adalah salah satu warung bakmi Jawa paling ikonik di Yogyakarta. Banyak orang yang rela bersusah-susah mencari warung kecil yang letaknya tak hanya jauh dari pusat kota Jogja, namun juga sangat tersembunyi di area Manding, Bantul.

Setelah lama mendengar mengenai kedhasyatan bakmi Jawa ini, tim Ghiboo pun akhirnya menyempatkan diri untuk berpetualang ke ‘pedalaman’ dan mencari lokasi warung legendaris ini. Layaknya sebuah petualangan sejati, kami mengalami beberapa kali salah belok dan harus bertanya pada penduduk sekitar.

Untungnya, kami sampai dengan selamat di lokasi persembunyian bakmi ikonis tersebut dan antrian belum panjang. Konon, banyaknya penggemar membuat Anda bisa saja harus mengantri selama dua jam atau lebih!

Wajar saja, setiap porsi bakmi tersebut dibuat satu per satu di atas tungku arang. Pantang bagi bakmi Jawa sejati untuk memasak beberapa porsi sekaligus. Sedangkan tungku arang adalah salah satu pembangkit citarasa khasnya.

Warung bakmi ini buka pada pukul 5 sore dan tutup ketika habis. Apabila Anda datang pada jam makan malam, bersiap-siaplah mengantri dengan sabar.

Namun apabila bakmi pesanan Anda telah terhidang, maka semua perjuangan, pencarian, dan penantian tersebut akan terbayar. Mi kenyal berbumbu gurih tersebut memang layak diperjuangkan. Aromanya yang khas dan aneka isian yang ada di dalamnya akan membuat Anda ketagihan.

Menunya terdiri dari tiga jenis mi: kuah, goreng, dan nyemek (agak berkuah, namun tidak sebanyak kuah mi kuahnya). Masing-masing varian menyediakan versi biasa dan istimewa (ditambah isian daging, ampela, atau jerohan lainnya). Sedangkan menu minumannya hanya ada minuman panas dan soft drink dingin.

Apabila anda berkunjung ke Jogja, sediakan waktu dan tenaga untuk berpetualang mencari bakmi Jawa ikonik ini dan rasakan kedahsyatan rasanya.

SHARE