Karburator dan CDI Vespa Excel

0
511

.Mempertahankan performa scooter lansiran 1990-an seperti type Excel sebenarnya tidak sulit. Hanya perlu menjaga komponen mesin agar tetap optimal. Diantaranya, karburator dan CDI untuk kerja sistem pengapian mesin.

Dengan merawat CDI serta komponen lain, menjamin proses pengapian berlangsung sesuai kebutuhan mesin.Terlebih,posisi pulser hanya ditutup cover plastik yang mudah pecah,sehingga beresiko kemasukan air dan menyebabkan terjadinya arus pendek. Caranya, tutup lubang atau cover plastik yang retak dengan lem besi type N27. Power Glue bisa juga digunakan,hanya daya tahannya terhadap panas sulit diandalkan.Namun setidaknya bisa mencegah situasi menjadi lebih parah.

Bersihkan CDI
Komponen seperti CDI, spul dan magnet sebaiknya dibersihkan setiap sebulan sekali.Gunakan cairan dengan penguapan tinggi.Bisa menggunakan bensin asal tetap berhati-hati agar tidak terkena pelumas. Cairan tersebut dapat menetralisir kotoran yang menempel,seperti debu. Selanjutnya keringkar dengan carburettor cleaner agar sisa kotoran benar-benar terlepas,sekaligus mengeringkan komponen.

Bersihkan Karburator
Bersihkan bersamaan dengan CDI.Selain carburettor cleaner,bisa pula memakai bensin Pertamax. Pertimbangannya, kandungan dalam PErtamax punya kemampuan melepas kotoran yang menempel pada material karburator. Namun jika scooter lama tidak digunakan,bisa juga dengan cara merebus komponen karburator. Caranya, setelah semua komponen yang berbahan karet dilepas, masukkan karburator kedalam panci berisi ari mendidih.

Rendam seluruh bagian karburator dan biarkan selama 15 menit sampai 30 menit.Setelah itu angkat dan dinginkan karburator.Selanjutnya sisi dalam dikeringkan dengan bantuan kompresor atau cleaner. Setelah bersih dari sisa-sisa air, baru dipasang kembali.

Membersihkan karburator dengan cara merebus ini dapatmemaksimalkan kembali karburator, selain menghilangkan kotoran yang menempel. Jangan gunakan Accu Zuur, karena sifat zuur dapat merusak logam. Sebaiknya jangan lakukan cara ini.

-CST-

SHARE