Porsche 911 GT3 R Hybrid

0
31

.Bila Hybrid untuk Main di Sirkuit
Tidak menggunakan baterai, melainkan generator listrik yang memberi
tenaga ekstra ke roda depan. Roda belakang tetap diputar oleh depot pacu 4,0 liter
4-silinder boxer.

GENEVA Motor Show, 4-14 Maret 2010, menjadi saksi hadirnya ‘genre’ baru mobil balap. Bila sebelumnya keunggulan di sirkuit didapat dari utak-atik aerodinamika atau chassis, kini hal itu diperoleh berkat pemanfaatan momentum gerak mobil untuk menjadi tenaga tambahan.

Adalah Porsche 911 GT3 R Hybrid yang menggunakan deselerasi (pengereman) untuk mengumpulkan tenaga via generator listrik. Tenaga itu kemudian disalurkan ke dua roda depan, yang pada saat diperlukan (menyalip lawan, misalnya) akan menambah daya 60 kW (80,4 hp) ke masing-masing roda depan. Adapun dua roda belakang ditenagai oleh depot pacu bensin 4-silinder ‘?boxer’ berkapasitas 4,0 liter dan bertenaga 480 hp yang sudah familiar selama ini.

Berbeda dengan sistem hybrid lain yang menggunakan baterai untuk menyimpan tenaga, GT3 R Hybrid mengaplikasi ‘flywheel power generator’ yang ditaruh di samping pengemudi. Generator ini mendapat tenaga dari setiap pengereman yang dilakukan pengemudi. Selanjutnya, generator menyumbang tenaga kepada motor listrik yang ada di axle depan guna mensuplai tenaga ke dua roda depan. Porsche tidak lagi membuang energi kinetik yang dihasilkan dari pengereman,  melainkan mengubahnya menjadi daya listrik.

Meski tujuan utama penerapan sistem hybrid ini bukanlah untuk menghemat penggunaan bahan bakar bensin, melainkan untuk mendapat kecepatan tambahan, namun Porsche mengklaim pada akhirnya konsumsi bensin akan sedikit dihemat. Alasannya, bila biasa nya pengemudi menekan pedal akselerator dalam-dalam ketika hendak menyalip lawan, maka kali ini pengemudi cukup mengaktifkan daya listrik dari generator.

Untuk tahap selanjutnya, GT3 R Hybrid akan menjalani uji coba  balap ketahanan 24 jam di sirkuit Nurburgring, Jerman. Bila ini sukses, maka sistem hybrid seperti ini tinggal menunggu respons konsumen untuk diaplikasi ke versi jalan raya dari produk-produk Porsche.

(sumber : Autocar Indonesia)

SHARE