Tebu: Kenangan Berjuta Manfaat

0
56

.Bagi sebagian orang, tebu membangkitkan kenangan manis masa kecil dengan ladang luas dan matahari yang bersinar cerah. Kini kenangan masa kecil itu semakin mudah didapatkan dengan berjamurannya kedai yang menjual minuman berbahan dasar sari tebu alami. Sayangnya, rasanya yang manis membuat sebagian orang takut akan peningkatan kandungan gula dalam darahnya dan keburukan lainnya.

Namun tidak perlu cemas, ternyata penelitian membuktikan bahwa tebu aman bagi penderita diabetes. Sari tebu alami tidak diproses melalui prosedur kimiawi sehingga kandungan alaminya tidak rusak dan kandungan sacharant-nya merupakan zat aktif untuk menekan kadar gula dalam air tebunya. Sari tebu juga mengandung serat tak larut yang membuat air madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bahkan selain itu, tebu juga mengandung vitamin B2 yang baik untuk kesehatan. Daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkan demam, dan sarinya mampu meredakan batuk, menyembuhkan pegal linu, sebagai terapi katarak, dan mengatasi kerusakan gigi. Tebu yang dihancurkan serupa bubur mampu menyembuhkan luka. Batang tebu mampu digunakan untuk menopang patah tulang dan para wanita Malaysia jaman dulu menggunakannya dalam persalinan.

So, siapkah Anda mengenang masa kecil sembari menikmati berbagai manfaat tebu? 

(dari berbagai sumber)

SHARE