Bijak Terhadap Pembantu Rumah Tangga

0
21

.Pembantu Rumah Tangga (PRT) mungkin adalah pekerjaan yang tidak memerlukan tingkat pendidikan khusus. Namun bukan berarti pekerjaan ini bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa strategi yang mungkin harus Anda terapkan supaya PRT betah di rumah.

1. Gaji.
Pertimbangkan gaji terutama dari beratnya pekerjaan. Jangan lupa berikan kenaikan gaji setidaknya setelah 3 bulan dan Anda dapat semakin memahami kemampuan kerjanya.

2. Makan.
Jangan pernah menyepelekan kebutuhan makan untuk pembantu Anda. Bagaimanapun pembantu Anda butuh makan supaya ia bisa bekerja. Oleh karena itu berikan makanan bergizi dan sehat supaya pekerjaannyapun lancar.

3. Pekerjaan.
Sesuaikan pekerjaan terutama dengan umur dan kemampuan fisik si pembantu. Ingat ia adalah manusia dan bukan budak belian yang bisa Anda perlakukan seenak hati.

4. Istirahat.
Pembantu rumah tanggapun manusia dan membutuhkan istirahat, dalam hal ini terkadang pihak majikan merasa rugi menggaji pembantunya bila beristirahat walau hanya dalam waktu 10 menitpun. Majikan harus mengerti bahwa pembantu adalah manusia bukan robot yang tidak membutuhkan istirahat, sebagai majikan yang bijaksana berilah pembantu rumah tangga anda untuk cuti 1 hari setiap bulannya.

5. Peraturan.
Terkadang suatu peraturan yang bisa membuat seorang tenaga kerja tersiksa untuk tetap bertahan di tempat kerjanya, oleh karena itu bijaksanalah majikan dalam membuat peraturan bagi tenaga kerjanya. Jangan sampai pribadi seorang tenaga kerja terusik oleh peraturan-peraturan yang seharusnya tidak perlu. Buatlah peraturan yang mempermudah pekerjaan si tenaga kerja dan tidak membebani pihak majikan.

6. Lingkungan Keluarga.
Hal ini yang biasanya merepotkan, majikan lebih pilih keluarga atau pembantunya yang dibela. Kejadian ini sering terjadi meskipun anak majikan yang bersalah, tetap saja sang majikan memvonis salah pembantunya. Dan dalam kasus ini pihak tenaga kerja tidak pernah menang, memang majikan tidak salah untuk membela keluarganya tetapi lebih bijaksanalah pihak majikan dalam membenarkan sesuatu hal yang benar.(dew)

SHARE