Cegah Karat pada Mobil

0
494

.Mobil dan Motor kesayangan Anda, tentunya dibeli untuk keperluan transportasi dan reakreasi (selain juga sebagai investasi). Beberapa merek dan type akan terus mengalami penurunan harga jual, sementara beberapa lainnya justru menjadi barang incaran sebagai barang koleksi, dan makin mahal harganya.

Merawat mobil dan motor sebaik-baiknya tentunya dapat menambah nilai jualnya kembali, Mesin yang sehat jadi hal pertama yang wajib diperhatikan, karena anda tentu tidak suka bepergian dengan mobil mulus kinclong, tapi sering mogok. Begitu pula sebaliknya, anda pasti tidak akan pede dan nyaman menggunakan mobil / motor pribadi anda yang keadaannya lusuh, dekil, dan penuh karat dimana-mana.

Omong-omong soal karat, umumnya kendaraan baru sudah dilapisi anti karat oleh produsen, bersamaan dengan proses stamping (pencetakan bodi), namun perlindungannya sangat terbatas. Dealer ATPM terkadang menawarkan opsi pelapisan ulang anti karat pada mobil Anda dengan pelapis karat after market yang harganya berkisar antara 1.5 juta sampai 2 juta rupiah.  Relatif Mahal yah.. ?  Sebenarnya tidak juga, bila dibandingkan dengan biaya reparasi bodi yang rusak akibat dimakan karat.

Solusi cerdik untuk mensiasati harga pelapisan ulang anti karat, yang tidak bisa dibilang murah tersebut, tentunya ada. Anda dapat melakukannya sendiri dirumah. Pelapis anti karat model spray yang banyak dijual di toko asesoris mobil bisa juga anda gunakan. Yang penting sebelum melakukan penyemprotan, bagian yang dituju sudah bersih dari debu dan kotoran. Kalau bagian yang dituju sudah timbul karat, Anda harus meng-amplasnya dulu, kemudian berikan zat kimia pemati karat.

Selanjutnya lakukan pelapisan dengan menggunakan spray anti karat berbahan rubberized (aspal karet) harganya sekitar Rp. 60.000,- dipasaran. Pelapis jenis ini punya kelebihan dalam proses pengeringan yang supercepat, dapat mereduksi kebisingan suara dari luar, melindungi besi dari endapan air. baik digunakan untuk bagian dalam splashboard, dan bagian kolong mobil anda.

Cara lain yang lebih murah..?  Cobalah membuat sendiri cairan antikarat. Caranya dengan mencampur oli bekas dengan minyak tanah. Campurannya bisa 70% oli bekas dan 30% minyak tanah. Cara pakainya tinggal oleskan ke bagian bodi  yang kemungkinan terendam air atau berpotensi karat. 

Membuat campuran seperti ini tentunya jauh lebih murah. Coba bandingkan dengan membeli antikarat atau penetran seperti WD40.  Selamat mencoba.

-CST-

SHARE