Bijak Memilih KPR

0
42

.Salah satu cara untuk menyiasati kepemilikan rumah bagi pasangan muda yang baru saja menikah adalah dengan menggunakan KPR. Namun sebaiknya Anda dan pasangan harus berhati-hati dalam memilih KPR, supaya di kemudian hari Anda dan pasangan tidak terjebak bunga dari pokok hutang KPR Anda.

Berikut adalah  kiat-kiat dalam memilih KPR Rumah:

1. Pilih bank yang punya reputasi baik untuk KPR. Cari info kanan kiri mengenai reputasi bank tenatng KPR. Di internet banyak sekali info info mengenai hal ini.

2. Pilihlah bank yang memberikan fix interest rate (bunga tetap) yang menarik serta dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. Bunga fix rate ini diberikan bank biasanya mulai dari 1 tahun sampai 3 tahun. Jikalau fix interest rate yang di berikan bagus, tentu akan memilih periode yang lebih lama. Sebaliknya jika fix rate yang di berikan tidak bagus, maka lebih baik akan memilih periode yang lebih singkat.

3. Pilihkan bunga floating yang paling rendah diantara bank bank yang ada. Ingat, lakukan survey dulu untuk floating interest rate dari bank bank yang menawarkan KPR tersebut. Carilah info sana sini untuk mengetahui rata rata floating rate yang diberikan oleh bank bank tersebut. Tanyakan pada teman, saudara, forum online juga dan jangan hanya menanyakan pada oihak bank yang bersangkutan.

4. Perlu diingat, meskipun istilahnya floating rate yang teorinya bunga tersebut akan mengikuti pergerakan dari bunga Bank Indonesia, namun seringkali kenyataannya tidak demikian. Ketika bunga BI naik, KPR rate akan naik, tetapi ketika bunga BI turun, seringkali KPR rate enggan untuk turun. Hal ini penting untuk diperhatikan karena perubahan bunga KPR akan sangat mempengaruhi besarnya angsuran yang akan kita berikan kepada bank kita.

5. Perhatikan besar besar denda yang di berikan oleh tiap bank tersebut seandainya kita mau melunasi KR kita. Ini menjadi penting seandainya kita bermaksud melunasi KPR kita di tengah jalan, karena jika denda karena pelunasa lebih awal maka ini merupakan biaya yang tidak murah.

6. Juga perlu dipertimbangkan kemudahan refinancing seandainya masa minimum pinjaman sudah berlalu. Pilih yang memberikan kemudahan paling bagus.

7. Pilihkan feature yang paling bagus, seperti adanya pilihan untuk pengurangan bunga KPR seandainya kita menabung di bank tersebut, kemudakan refinancing, kemudahan perubahan cicilan, pembayaran lebih awal.

SHARE