Cold Brew: Metode Membuat Es Kopi Kualitas Coffee Shop

0
402

.Apakah anda penggemar es kopi atau coffee frappe dan terbiasa membelinya di coffee shop? Sadarkah Anda bahwa harga es kopi di coffee shop terkemuka bisa mencapai 30% lebih mahal dari kopi panas? Nah, kini saatnya anda bersorak-sorai. Membuat es kopi yang berkualitas ternyata sangat mudah dilakukan.

Cold brew adalah metode menyeduh kopi dengan air dingin. Apabila dilakukan dengan benar, maka kopi dengan tekstur lebih halus, kaya rasa, dan tidak terlalu pahit akan tercapai. Rahasianya adalah kesabaran untuk menyeduhnya perlahan-lahan.

Pertama-tama, masukkan kopi yang telah digiling ke dalam wadah berbahan stainless steel atau French press. Masukkan air dingin ke dalamnya dan biarkan semalaman. Aroma kopi akan meresap ke dalam air dingin dan rasa pahit yang biasa didapatkan ketika menyeduh dengan air panas tidak akan ada. Hasil akhirnya akan berwarna sangat hitam dan kelam. Semakin lama Anda menyeduhnya, semakin kuat juga hasil akhirnya.

Setelah kopi hasil seduhan dingin ini menyatu sempurna dengan air, tekan French press Anda dan dapatkan konsentrat kopi yang siap digunakan untuk membuat olahan aneka es kopi. Sisanya dapat Anda masukkan ke dalam kulkas dan digunakan kembali untuk membuat es kopi, frappe, dan moka favorit Anda. Mudah,bukan?

(dari berbagai sumber)

SHARE