Teliti Sebelum Membeli

0
49

.Begitu banyaknya pemalsuan yang terjadi tidak terkecuali pada obat, membuat kita patut waspada. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat kita hendak membeli obat.

1. Beli obat di Apotik atau Toko Obat yang memiliki ijin

Obat-obatan yang ada di apotik biasanya berasal dari distributor obat resmi yang menyediakan obat yang di produksi oleh perusahaan farmasi (Pharmaceutical company). Apotik mempunyai izin yang resmi dari dinas kesehatan setempat dan dibawah pengawasan seorang apoteker, sehingga obat yang didapatkan dari apotik bisa kita jamin kualitas dan keasliannya.Selain di apotik, obat juga bisa didapatkan di toko obat. Namun perlu diperhatikan, dengan semakin menjamurnya toko obat, maka perlu lebih selektif dalam memilih toko obat. Lihat dulu apakah toko obat tersebut memiliki izin pendirian atau tidak dan tanyakan kepada pemilik toko obat dari mana penyediaan obat dari toko tersebut. Hal ini penting untuk menghindari mendapatkan obat palsu. Jadi jangan sekali-sekali membeli obat selain di 2 tempat tersebut : apotik atau toko obat berizin.

2. Telitilah terhadap obat yang akan kita beli

Perhatikan secara seksama kode register yang terdapat pada setiap kemasan obat. Jangan sampai lupa pula untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa obat tersebut. 

3. Hati-hati dengan obat berharga murah

Hal berikutnya yang dapat dijadikan dasar apakah obat itu asli atau palsu adalah ?HARGA OBAT?. Tidak ada salahnya membandingkan harga obat dari satu apotik dengan apotik yang lain. Jika ternyata bedanya terlalu jauh, bisa jadi obat tersebut adalah obat palsu.

Sebaiknya tetap berhati-hati sebelum membeli!(dew)

SHARE