Mendampingi Si Kecil Menonton TV

0
61

.Televisi bisa jadi merupakan alternatif hiburan di rumah paling lumrah bagi kebanyakan masyarakat indonesia. Namun kadangkala televisi bisa jadi ancaman tumbuh kembang anak manakala kita tidak bijaksana dalam mendampingi anak saat menonton televisi.

Kenyataan yang banyak terjadi saat ini, bukan orangtua yang mendampingin anak untuk menonton televisi namun sebaliknya anak mendampingin orangtua menonton televisi, mengingat porsi tontonan untuk orangtua jauh lebih besar porsinya dibandingkan untuk anak.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindarkan pengaruh buruk televisi terhadap anak.

1. Usahakan untuk tidak memberikan televisi di kamar anak, apalagi hingga dipakai untuk menemani tidur. Hal ini bisa membuat anak menjadi kecanduan.

2. Perketat pembatasan menonton TV untuk anak. Bagi yang berumur dibawah tiga tahun, sebaiknya maksimal menonton TV adalah setengah jam sehari.

3. Gunakan waktu saat iklan untuk menjelaskan kepada anak mengenai tayangan yang sedang dilihatnya.

4. Jangan perlakukan televisi seperti layaknya pengganti pengasuh bayi. Apabila anak sedang rewel cari kegiatan lain yang bisa mengalihkan tangis anak.

5. Hindari tontotan agresif dan adegan kekerasan yang bisa membuat anak menjadi brutal. Pilih DVD ataupun saluran televisi acara anak yang banyak memberikan pesan moral.(dew)

SHARE