Aman dan Nyaman dalam Bersepeda.

0
29

.Bersepeda tidak saja menyehatkan jasmani serta menyehatkan ligkungan, bersepeda untuk sebagian orang telah menjadi hobi dan bahkan gaya hidup. Sepeda sebagai hobi atau gaya hidup membuat orang gemar menggunakan sepeda sebagai alat transportasi tama mereka, termasuk untuk menuju kantor tempat mereka bekerja. Untuk Anda yang juga memiliki kecintaan terhadap aktifitas bersepeda, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda.

1. Pelajari Rute
Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya Anda mengetahui rute paling bersahabat untuk Anda dalam bersepeda. Langkah awal ini akan menjauhkan Anda dari berbagai kemungkinan buruk. Hindari jalur padat.

2. Gunakan Pakaian (Perangkat) yang Aman dan Nyaman
Penggunaan pakaian (perangkat) aman seperti helm dan pelindung akan melindungi Anda dalam berkendara. Pemakaian pakaian yang tidak mengganggu keseimbangan dan pengendalian sepeda sangat dianjurkan. Pemakaian warna-warna terang pada pakaian serta lampu atau mata kucing akan memberi tanda keberadaan Anda.

3. Jas Hujan dan P3K
Jangan lupa membawa jas hujan dan perlengkapan P3K standar seperti obat luka, perban, dan obat-obat ringan lainnya.

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas
Tidak berbeda dengan pengendara kendaraan lainnya, bersepeda pun harus mengikuti berbagai aturan lalu lintas. seperti tidak melanggar garis marka jalan, tidak bergerak melawan arus, tidak melanggar lampu lalu lintas, dan lain-lain. Mematuhi aturan lalu-lintas dapat menghindarkan Anda dari kecelakaan-kecelakaan yang tidak diinginkan.

5. Tingkatkan Kewaspadaan
Kondisi pengendara sepeda bisa dibilang merupakan kondisi terlemah di jalanan jika dibandingkan motor ataupun mobil. Berangkat dari kesadaran tersebut, ada baiknya Anda meningkatkan kewaspadaan selama berkendara sepeda.

6. Lakukan Pemeriksan Sepeda Sebelum dan Sesudah Perjalalan.
Pastikan kondisi sepeda terbaik pada saat Anda bersepeda.

Jadi untuk Anda yang ingin beraktivitas dengan sepeda Anda, tunggu apa lagi? Mulai kayuh sepeda Anda dan pastikan telah membaca tips dari kami.

(dari berbagai sumber)

SHARE