Etika Wisata di Thailand

0
130

.Memutuskan berwisata di Thailand? Jangan lupakan etika dan sopan-santunnya!

Hormati keluarga kerajaan
Raja dan keluarganya memegang peranan penting bagi masyarakat Thailand. Mereka sangat menghargai dan menghormati keluarga raja sehingga penghinaan terhadap keluarga raja tidak dapat ditolerir. Berhati-hatilah dalam mengkritik ataupun memberikan komentar negatif terhadap keluarga kerajaan.

Perhatikan tata busana
Ketika Anda memasuki candi ataupun pusat pemujaan, berhati-hatilah dalam memilih busana. Baju-baju yang terlalu terbuka dianggap tidak sopan dan tidak layak bahkan terlarang di tempat-tempat tertentu. Untuk amannya, selalu sediakan sarung atau kain untuk penutup busana Anda untuk waktu tertentu. Sedangkan ketika Anda memasuki rumah ataupun candi, lepaslah sepatu Anda untuk menunjukkan penghargaan dan kesopanan.

Agama Buddha

Mayoritas penduduk Thailand beragama Buddha dan lambang Buddha dalam bentuk apapun dianggap sakral. Berhati-hatilah dalam mengambil foto karena beberapa patung  Buddha dianggap begitu sakral sehingga tidak boleh difoto. Sedangkan pendeta Buddha tidak diperbolehkan menyentuh wanita ataupun menerima apapun dari wanita. Berhati-hatilah dalam membuat kontak dengan para pendeta.

Tingkatan kepala dan kaki
Kepala dianggap sebagai bagian yang tertinggi dan sangat dihormati sehingga menyentuh kepala orang Thailand dianggap sangat tidak sopan. Lain halnya dengan kaki yang dianggap sebagai bagian terendah. Hindari menunjuk apapun dengan kaki Anda.  

Hukum
Membawa obat-obatan terlarang, merokok di tempat umum, dan membuang sampah sembarangan dianggap melanggar hukum. Terutama membawa obat terlarang akan ditindak dengan sangat serius di negara ini.

(dari berbagai sumber)

SHARE