Musik Bagi Perkembangan Otak Anak

0
34

.Musik dan kecerdasan kognitif telah lama diketahui memiliki relasi positif. Sebuah penelitian terbaru, semakin mengesahkan manfaat musik bagi kecerdasan anak.

Riset yang dilakukan Gotfried Schlaug of Beth Israel Deaconess Medical Centre dan Harvard Medical School menunjukkan bahwa anak usia 8 sampai 11 tahun yang belajar piano atau instrumen musik bersenar selama setidaknya tiga tahun, memiliki hasil tes vokabulati dan kemampuan non-verbal lebih baik dibanding anak yang tidak pernah mendapat latihan instrumen.

Sebelumnya diketahui bahwa musik bisa “merangsang” ingatan, mengurangi stres, dan bahkan meningkatkan kemampuan atletik. Meski demikian, salah seorang peneliti, Ellen Winner mengungkapkan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui korelasi pasti antara musik dan kecerdasan kognitif. Sementara ini, Winner menyebut faktor kemampuan mengenali pola dalam bermusik sebagai faktor yang diduga berperan meningkatkan kemampuan non-verbal seseorang.(Goodhousekeeping/dew)

SHARE