Menikmati Proses Fotografi bersama Komunitas Lubang Jarum

0
52

.Saat ini fotografi telah berpindah era menjadi digitalisasi, dimana setiap orang dapat dengan mudah mengaksesnya. Namun tidakkah Anda tahu bahwa proses merekam cahaya yang paling awal dilakukan dengan sebuah kamera bernama kamera lubang jarum (pinhole camera).

Kecintaan terhadap proses fotografi yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran membuat para pecinta kamera lubang jarum merapatkan diri dan membentuk sebuah wadah, Komunitas Kamera Lubang Jarum Indonesia (KLJI). Komunitas ini didirikan oleh Ray Bachtiar Dradjat pada tahun 2002. Kanmera lubang jarum sendiri adalah kamera yang bis terbuat dari apa saja, seperti kardus ataupun kaleng. Prosesnya cukup sederhana namun membutuhkan proses yang berbeda dengan kamera pada umumnya.

Kecintaan terhadap teknologi kamera paling dasar serta proses yang tidak instan membuat KLJI banyak memancing rasa penasaran khalayak. Tidak heran jika komunitas ini telah menjadi bagian dari beberapa kota besar. Penasaran bagaimana menggunakan kamera lubang jarum, gabung segera di KLJI di kota Anda.

SHARE