Mengenalkan Puasa Pada Si Kecil Sejak Dini

0
42

.Tidak lama lagi kita akan segera menyambut bulan puasa. Bulan dimana bagi banyak orang dipercaya membawa berkah dan rahmat, tak terkecuali untuk si kecil.

Jika Anda berniat mengenalkan bulan puasa pada si kecil, tidak ada salahnya memulainya dari sekarang. Tidak perlu memaksakan si kecil berpuasa sehari penuh, namun ajarkan padanya untuk perlahan berpuasa setengah hari atau jika ia belum mampu, mulai dengan berpuasa sekitar 3-4 jam. Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tidak dianjurkan untuk berpuasa sehari penuh, karena hal ini justru bisa menghambat dan menganggu pertumbuhannya.

Bangunkan si kecil untuk sahur dan perkenalkan dia saat buka puasa datang, setidaknya hal ini bisa membantu membiasakan si kecil untuk menaati waktu sahur dan buka puasa.

Selain mengajarkan anak untuk menahan haus dan lapar saat berpuasa, sesekali ajaklah si kecil berkunjung ke panti asuhan atau mengikuti kegiatan sosial.

Lebih dari itu puasa adalah cara untuk mengendalikan diri. Jadi tidak ada salahnya bukan mulai membiasakan si kecil mengendalikan diri lewat puasa?

(sumber : dari berbagai sumber)

SHARE