Polemik Identitas Bagi Para Pemain Blasteran

0
34

.Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, isu berdatangannya pemain-pemain blasteran dari luar negeri yang akan mengisi kursi pemain PSSI semakin gencar. Keinginan untuk menjadi bagian dari dunia sepak bola dunia serta berprestasi di kancah dunia membuat pemain-pemain blasteran ini muncul bak harapan baru untuk Indonesia.

Diluar gegap gempita menyambut adanya peluang baru ini, namun ternyata masih menyisakan berbagai polemik, khususnya berkaitan dengan identitas atau naturalisasi kewarganegaraan. Indonesia hanya mengenal adanya kewarganegaraan tunggal, sehingga para pemain luar yang ingin menjadi bagian dari Timnas Sepakbola Indonesia atau PSSI harus meninggalkan kewarganegaraan negara asal mereka.

Adanya tekanan hal tersebut, para pemain yang tela tumbuh, besar, dan berkembang di negaranya akan mengalami keberatan untuk dinaturalisasi. Seperti apa PSSI, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, serta pemerintah akan menyelesaikan masalah ini? Semoga tidak hilang harapan Indonesia untuk berkiprah dan berprestasi di dunia sepak bola.

(dari berbagai sumber)

SHARE