Eat Like a Model (part 1)

0
28

.Pola makan seorang model tentunya berkaitan dengan kesehatan, kecantikan kulit, rambut, dan siluet tubuh yang sempurna. Namun untuk mencapai standar ukuran tubuh model yang kadang tidak masuk akal itu, terkadang para wanita rela bersakit-sakit dan menyiksa diri.

Karenanya, sebagai bagian dari CFDA (The Council of Fashion Designer of America) Health Initiative, lembaga nirlaba ini mengeluarkan sebuah panduan pola makan sehat bagi para model. Tapi tak hanya untuk model, Anda pun bisa menerapkannya untuk mendapatkan tubuh yang sehat, langsing, dan senantiasa cantik.

Power Breakfast
Awali hari dengan sarapan bernutrisi tinggi yang mengandung banyak serat. Pilihan para model adalah sereal tinggi serat dengan susu rendah lemak; yoghurt; telur atau omelet isi sayuran dengan whole wheat bread atau keju rendah lemak; dan dilengkapi dengan buah-buahan segar. Sarapan tinggi serat dan nutrisi ini akan membantu mengatur nafsu makan sepanjang hari sekaligus menjadi sumber energi dalam beraktifitas.

Snack
Dibandingkan dengan makan besar sekali sehari, makan dalam porsi sedikit tiap beberapa jam sepanjang hari jauh lebih sehat. Porsi kecil ini akan menstabilkan gula darah dan menjaga metabolisme tubuh Anda. Efeknya, Anda akan terhindar dari rasa lapar psikologis yang akan membuat Anda makan terlalu banyak dan menambah tumpukan lemak. Kuncinya, pilih camilan sehat kaya protein seperti yoghurt rendah lemak, buah-buahan, granola bars, kacang-kacangan (almon, mete, pistasio, kacang kedelai), biji bunga matahari, dan keju rendah lemak.

Hydrate
Bagi para model, aturan enam gelas air sehari tidaklah berlaku. Mereka membutuhkan setidaknya sembilan gelas air putih (tidak termasuk teh dan kopi) sehari untuk menjaga kekenyalan kulit! Porsi ini perlu ditambah apabila Anda bekerja di lingkungan yang aktif dan cuaca yang panas. Apabila Anda termasuk orang yang tidak menyukai rasa tawar air putih, tambahkan sepotong lemon atau daun mint dalam botol air Anda untuk memberi sedikit rasa tanpa mengubah kandungannya. Anda bisa juga mengakalinya dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti buah naga, pear, apel, berries, melon, asparagus, brokoli, timun, bayam, dan lainnya. Apabila Anda mengonsumsi banyak kopi, tambahkan porsi air putih Anda untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

..to be continued..

(sumber: CFDA)

SHARE