Mari Merawat Perangko Kesayangan Anda

0
135

.Seiring berkurangnya penggunaan jasa pos, penggunaan perangko dalam kehidupan sehari-hari pun ikut menurun. Namun begitu, popularitas perangko bagi sebagian orang tidak menurun karena perangko tidak saja dipakai untuk mengirim surat namun juga dapat dikoleksi. Untuk Anda yang gemar mengkoleksi perangko, baik yang baru maupun yang sudah lawas, Anda dapat mengikuti tips-tips perawatan perangko khusus dari kami.

1. Pisahkan Perangko Baru dan Lawas
Dipisahkannya dua jenis perangko ini akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan berikutnya.

2. Gunakan Album Perangko
Beberapa orang sengaja menggunakan album foto ukuran kecil dengan perekat untuk menyimpan koleksi perangkonya namun hal ini dapat merusak perangko akibat perekat yang terdapat di album jenis tersebut. Album khusus perangko cenderung akan mengamankan perangko karena diciptakan untuk kebutuhan perangko.

3. Kering dan Terang

Untuk menghindari jamur, album perangko harus disimpan dalam ruangan atau kotak yang kering dan terang, guna menghindari serangan ngengat.

4. Rajin Dibuka dan Bersihkan Debu
Rajin dibuka akan menjauhkan debu serta perhatikan agar perangko tidak menempel pada plastik pelindung akibat terlalu lama dalam kondisi tertutup.

Empat tips berikut terasa sangat sederhana namun jika secara dilakukan maka perangko koleksi kesayangan Anda pun dapat senantiasa terawat dan tidak mudah rusak. Selamat mencoba.

(dari berbagai sumber)

SHARE