Siapkan Bekal Berbuka di Perjalanan

0
42

.Terjebak dalam macet pada saat berbuka puasa tentu bukan hal yang diharapkan oleh  siapapun. Namun, bagaimana jika Anda terpaksa melewatkan waktu berbuka puasa di tengah prjalanan?

Solusinya, siapkan perlengkapan bekal buka puasa darurat untuk mengisi perut sementara dan membatalkan puasa. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak terpacu untuk makan secara berlebih sesampainya di rumah sehingga asupan kalori yang masuk akan tetap terkontrol dengan baik.

Minuman: Air Putih, Sari Buah, atau Susu
Air putih adalah hal yang wajib ada di tangan Anda saat menjelang buka puasa. Menggantikan air yang hilang sangat penting bagi kesehatan Anda. Selain itu, pilihan bisa juga jatuh pada jus buah segar yang dibeli sesaat sebelum pulang kantor, setup jambu yang disiapkan di rumah sebagai bekal, atau susu yang mengandung nutrisi seimbang yang baik bagi badan yang telah berpuasa seharian. Hindari meminum soda saat buka puasa karena bisa mengejutkan badan dan membuat asam lambung serta gula darah bergejolak.

Camilan: Biskuit, Kurma, Buah Segar
Mengkonsumsi camilan akan membiasakan lambung Anda yang telah seharian beristirahat untuk kembali aktif. Namun, jangan salah pilih! Gorengan maupun makanan yang terlalu manis bisa mengacaukan ritme kerja tubuh Anda.

Di tengah kemacetan atau perjalanan, biskuit mampu menjadi pilihan ringan yang cukup mengenyangkan untuk sementara waktu. Pilihlah biskuit yang rendah gula, mudah dicerna, dan mengandung banyak serat.

Kurma adalah pilihan yang paling disarankan, bahkan hingga dianggap sebagai sunah. Di dalam kurma terdapat kandungan gizi yang lengkap dan seimbang yang mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Kandungan kalori dan karbohidratnya mampu memulihkan stamina yang menurun selama seharian dan berfungsi sebagai bahan bakar cadangan tubuh sebelum makan malam.

Menyediakan buah untuk berbuka di jalan juga baik. Pilihlah buah yang tidak merepotkan dan bisa langsung dimakan seperti pisang, apel, atau strawberry.

Dengan bekal berbuka yang sehat tersebut, Anda pun akan tetap sehat dan bugar walaupun berbuka di tengah perjalanan. Menyiapkannya pun tidaklah sulit. Tunggu apa lagi!

(dari berbagai sumber)

SHARE