Bugar Saat Berpuasa dengan Olah Raga yang Tepat

0
22

.Memasuki bulan puasa tentunya bukan menjadi penghalang untuk tetap beraktifitas, khususnya olahraga. Meskipun terdapat perbedaan dengan bulan-bulan lainnya, namun ada baiknya Anda tidak menghilangkan menu olahraga selama bulan puasa, yang perlu Anda lakukan hanya merubah pola olahraga Anda. Ingin tahu seperti apa pola olahraga yang dapat memmberikan hasil maksimal tanpa harus mengganggu puasa Anda? Berikut tips dan trik dari kami.

Rubah pola dan jadwal olahraga Anda
Tidak masalah untuk tetap memilih olahraga cukup berat asalkan pemilihan waktu yang tepat. Olahraga yang cukup berat semacam ini sebaiknya Anda lakukan pada waktu menjelang berbuka, cairan yang terkuras dapat segera terganti. Jadwal olahraga yang tadinya menyita hampir setiap hari, kini dapat Anda atur menjadi dua-tiga kali seminggu.

Pilihan waktu dan jenis olahraga yang sesuai
Pilihan waktu tidak harus dilakukan pada menjelang berbuka. Jika Anda senang dengan olahraga yang cukup ringan seperti jogging santai atau bersepeda, Anda dapat melakukannya pada pagi hari. Berolahraga pagi dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi yang melakukannya.

Perhatikan durasi
Durasi yang dilakukan dalam berolahraga selama bulan puasa dapat diatur sesuai kemampuan. Ketidaksadaran akan pentingnya durasi justru akan membuat Anda lemas dan kekurangan energi untuk menjalani puasa.

Perhatikan asupan nutrisi dan kemampuan diri
Olahraga yang tentunya melibatkan fisik tentunya harus diikuti dengan asupan nutrisi yang memadai. Proses sahur dan berbuka menentukan kesiapan Anda dalam menjalankan olahraga di bulan puasa. Namun ini bukan berarti proses “balas dendam” pada saat Anda berbuka. Asupan nutrisi yang berlebihan justru dapat merusak pola kesehatan Anda.

Dengan membaca tips diatas, kini Anda dapat mulai merencanakan jadwal serta memilih olahraga yang tepat untuk dilakukan selama berpuasa. Tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri Anda untuk menjadi lebih sehat di bulan puasa.

(dari berbagai sumber)

SHARE