Tips Mudik

0
25

.Lonjakan jumlah pemudik tahun ini diperkirakan akan mengalami kenaikan yang drastis, apalagi berkat adanya kemudahan untuk memiliki mobil dan motor, serta kurang terjaminnya keamanan dan kenyamanan dalam angkutan umum lebaran, membuat banyak orang rela bermacet-macet dan keluar biaya lebih besar dengan mudik pakai mobil pribadi, mobil pinjaman, bahkan mobil sewaan.

Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil, demi kenyamanan dan kenyamanan selama perjalanan, Anda mesti mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

Kendaraan
Mumpung lebaran masih jauh,mulai sekarang anda bisa mencicil untuk melakukan perawatan,pengecekan kendaraan dan perlengkapannya. Cek dan ganti/lengkapi yang belum ada, mulai dari cek kembangan ban, tekanan ban, kinerja AC, wiper, dongkrak, senter, toolkit, lap mobil, payung, sekring, busi, vacuum cleaner mini, kabel derek, kabel jumper aki, lampu darurat, tempat sampah/tas kresek dan spareparts cadangan misalnya dop lampu, karet wiper dan ban dalam.
 
Jangan over pede bahwa sepanjang jalur mudik telah tersedia bengkel dadakan ATPM, maupun operator Derek yang dapat membantu Anda dikala mengalami trouble dijalan. Anda harus perhitungkan Bahwa bisa saja Anda mengalami sial justru pada saat Anda dialihkan ke jalur lain yang hanya ada sawah dan perkampungan, tidak ada orang yang dapat membantu kecuali Anda sendiri. Isilah bahan bakar Anda sepenuh mungkin, tidak perlu tunggu sampai setengah tangki untuk mengisi ulang BBM Anda, karena pada saat mudik seluruh SPBU akan diserbu oleh ribuan kendaraan setiap jamnya, belum termasuk pemudik yang beristirahat untuk tidur, sholat, dan melepas penat SPBU.
 
Perlengkapan Perjalanan
Jangan anggap perjalanan mudik adalah perjalanan wisata yang menyenangkan, karena sudah bertahun terjadi setiap kali lebaran, selalu saja macet dimana-mana, dan bisa stag berjam-jam tanpa bisa bergerak. Bagi Anda yang menggunakan minibus, Anda bisa membawa Galon Air Mineral untuk berbagai keperluan, mulai dari minum sampai cuci tangan, tambahkan pompa elektrik bertenaga baterai sebagai sarana penyedotnya. Buat Anda yang mudik pakai sedan sediakan tissue basah untuk membersihkan muka dan tangan, serta gel antiseptic untuk membersihkan tangan.  

Bawalah makanan yang mengenyangkan yang dapat bertahan lama, dan dapat menambah tenaga. misalnya roti, sosis, buah, nugget, martabak, dll. Bayangkan saat-saat dimana mobil Anda stag ditengah kemacetan panjang ditengah tol  sementara perut Anda sudah keroncongan. Bagi sebagian orang makan sedikit biskuit dan minum segelas air mineral sudah cukup kenyang tapi buat sebagian besar lainnya?  jelas masih jauh dari harapan. Jangan biarkan perjalanan Anda jadi terasa menyiksa hanya gara-gara urusan perut yang sulit diajak kompromi.

Bawalah juga peta mudik yang banyak disediakan di ATPM roda dua maupun roda empat. Peta mudik selain telah dilengkapi dengan berbagai info jalan, SPBU, ATM, pos polisi terdekat berikut nomor teleponnya,  juga peta jalur alternatif.  Bagi yang menggunakan GPS, Anda dapat melengkapi data POI (point of interest) dengan lokasi hotel, pos polisi, spbu, bengkel resmi, dll apabila belum terdapat dalam data GPS Anda.
 
Kenyamanan Penumpang

Bijaklah dalam menggunakan mobil Anda untuk keperluan mudik. Jangan penuhi mobil dengan penumpang dan barang hanya karena ingin berhemat biaya mudik, sisakan space kabin mobil Anda untuk menempatkan cemilan, minuman, kotak P3K, serta ruang gerak untuk kaki dan tubuh Anda untuk menghindari keletihan akibat berdesakan dengan sesama penumpang dan barang bawaan .

Mobil yang penuh sesak juga dapat berbahaya, biasanya karena kerja perangkat rem dan kopling menjadi extra melebihi kondisi biasanya. Mengatasi kejenuhan selama perjalanan, berhentilah setiap beberapa jam untuk meredakan ketegangan otot kaki, relaksasi, tidur secukupnya bila perlu, setel lagu yang syahdu dan lembut agar tidak terasa bosan dalam perjalanan, basuh muka setiap kali berhenti agar tubuh tetap terasa segar sepanjang perjalanan.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas
Senantiasa perhatikan rambu dan aba-aba yang diberikan oleh petugas dijalan, jangan pernah melanggar dan berlaku semaunya sendiri. Antre dan sabarlah. Gunakan peralatan keselamatan sesuai anjuran.

P3K
Meski Anda tidak berharap terjadi hal buruk dalam perjalanan, kotak P3K wajib anda sediakan. Isilah dengan obat-obatan yang baru dibeli, seperti minyak angin / medicated oil, plester roll, verband, betadine, kapas, gunting kecil, obat sakit kepala, obat flu, obat sakit perut / norit, alkohol, obat tetes mata, odol, tabet hisap untuk radang tenggorokan.

Keuangan
Sediakan uang CASH dalam pecahan besar dan kecil. Karena Anda pasti butuh untuk berbagai kepeluan, mulai dari bayar Tol, bensin, makan siang, sampai bayar Derek apabila kendaraan Anda terpaksa diderek karena sesuatu hal.

Komunikasi
Hal penting lainnya pada saat mudik adalah komunikasi, jangan biarkan pulsa Anda habis pada saat Anda butuh. Isilah pulsa dengan jumlah minimal 3x lipat dari kebutuhan Anda pada hari biasanya. Bawalah charger mobile agar HP anda bisa tetap live sepanjang perjalanan.

Utamakan Selamat
Ingat, tujuan utama Mudik Anda adalah dapat kembali pulang dalam keadaan Sehat dan Selamat, tanpa kecuali. Jangan terpancing oleh kondisi lalin yang padat dan memancing emosi. Perjalanan mudik Anda tidak akan berarti apa-apa jika Anda pulang dalam Keranda. Tetap sabar, tetap waspada, senantiasa berdoa agar selamat sampai dirumah kembali, adalah hal yang jauh lebih penting bagi keluarga Anda.

SHARE