Cara Menghitung Aset

0
180

.T: Bisnis restoran keluarga saya mengalami kerugian besar. Untuk menutupi kerugian, suami menyarankan agar menjual sebagian aset perusahaan. Bagaimana cara menghitung aset? Jenis aset seperti apa yang dapat dijual tanpa mengganggu operasional restoran? Sebab saya masih ingin mempertahankan usaha tersebut.

J: Setiap jenis usaha pasti akan mengalami pasang dan surut, namun jika perencanaan usahanya baik, sebenarnya kerugian bisa dikelola sehingga tidak akan menghancurkan usaha yang telah dibangun dengan susah payah.

Perencanaan usaha yang dimaksud meliputi rencana marketing dan promosi, proyeksi penghasilan, strategi bisnis, proyeksi keuangan, rencana biaya dan permodalan, infrastruktur yang harus disediakan seperti tempat, peralatan, kendaraan, kemudian standar prosedur usaha, serta tenaga kerja dan tenaga ahli. Rencana bisnis ini berguna untuk menentukan nilai jual perusahaan, saat ingin melakukan ekspansi atau penjualan, sebab memudahkan kita maupun calon investor dalam menentukan harga yang terbaik.

Dari informasi yang Anda berikan, tidak terdapat suatu indikasi apakah Anda mempunyai perencanaan bisnis dalam menjalankan usaha restoran ini atau tidak. Selain itu juga tidak ada informasi apakah keuangan perusahaan dilakukan terpisah atau digabung dengan keuangan pribadi. Jadi diasumsikan bahwa aset yang dimaksud adalah saham kepemilikan restoran, tempat restoran, peralatan restoran dan kantor pengelola restoran, serta kendaraan operasional. Untuk menentukan rencana menjual aset itu tepat atau tidak, dibutuhkan suatu penghitungan berapa persen aset yang akan dilepas dan tentunya berapa nilai jualnya. Jika dijual dengan nilai yang jauh lebih besar dari nilai buku atau bahkan lebih besar dari nilai pasar, tentunya Anda akan memperoleh penambahan modal yang lebih besar. Dan ini jelas lebih menguntungkan daripada jika tidak dijual. Jika ini yang terjadi, menjual adalah langkah tepat. Dalam keadaan bisnis atau usaha sedang tidak baik, nilai harga aset yang pantas adalah antara nilai buku dan nilai pasar, atau lebih besar dari nilai buku tetapi lebih kecil dari nilai pasar.

Pertimbangkan jenis aset yang akan dijual dengan memilih satu dari contoh aset yang dijelaskan di atas. Pilih aset yang bisa memberikan kontribusi modal terbesar dengan melakukan perbandingan harga setiap aset. Saat melakukan perbandingan harga, Anda bisa sekaligus memilih jenis aset mana yang tidak terlalu memengaruhi operasional restoran.

(sumber : Goodhousekeeping Indonesia)

SHARE