Pentingnya Melatih Bicara Sejak Dini

0
28

.Sejak masih bayi, sebenarnya si kecil sudah bisa diajarkan untuk berbicara. Sebab, pada dasarnya, bayi sudah bisa memiliki kemampuan berkomunikasi, meskipun masih dengan cara mendengar dan mengerti suara, terutama dari Anda. Bayi akan bereaksi pada suara melalui gerakan atau ekspresi wajah.

Untuk melatihnya berbicara, ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan. Melatih bayi berbicara akan lebih cepat jika si kecil mempelajari kata-kata dan menyusun kalimat. Selain itu, melatih berbicara sejak dini dapat merangsang perkembangan emosi, komunikasi sosial dan perkembangan kecerdasannya.

Ada lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk melatih bayi berbicara, yaitu:

1. Bertanya pada bayi

Ajukan selalu pertanyaan pada bayi atau anak mengenai banyak hal. Misalnya, “Kenapa menangis?”, atau “Adik mau biskuit?”.

2. Mengomentari perasaan bayi
Jangan segan untuk mengomentari perasaan anak, baik saat dia gembira ataupun rewel. Misalnya, “Adik suka mainan baru ya?” atau “Wah, kok rewel, kepanasan ya, sayang?”

3. Mengomentari keadaan buah hati
Komentar positif akan sangat membantu merangsang abak untuk bisa cepat bicara. Komentar Anda seperti pelajaran bagi anak. Anda bisa melontarkan komentar saat ia mengenakan pakaian baru atau berhasil menghabiskan makanannya.

4. Bercerita
Anda bisa bercerita tentang benda di sekitar pada anak atau pun mendongeng menggunakan buku cerita penuh warna. Anak akan menyerap kata-kata baru dan perbendaharaan katanya bertambah.

5. Mengomentari perilaku si kecil
Saat si kecil mulai berdiri atau belajar duduk, berikanlah komentar positif. Dengan begitu ia akan termotivasi untuk berkomunikasi dengan Anda lebih intensif.

(sumber : Mother&Baby Indonesia)

SHARE