Yang Alami Untuk Perisai Tubuh

0
25

.Melawan serangan bibit penyakit tak selalu harus menelan obat-obatan kimia. Anda juga bisa lindungi tubuh dengan memakai bahan-bahan alami yang begitu mudah ditemukan di sekitar Anda. Mau tahu apa sajakah itu?

Setiap hari ada saja berita penyakit aneh yang melanda masyarakat, terakhir contohnya flu babi. Belum lagi berbagai penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup seperti diabetes, jantung, dan kolesterol. Masyarakat pun semakin banyak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, yang membuat beragam penyakit mudah menyerbu. Hmm,…tubuh gemuk yang dulu dianggap lambang sehat dan ‘makmur’, sekarang sebaliknya, rentan kena penyakit alias tidak sehat.

Salah satu yang membuat kita makin rentan terhadap penyakit adalah kebiasaan dan pola hidup tidak sehat. Coba hitung setidak nya berapa persen dalam sehari tubuh Anda bergerak atau berkeringat sehat? Lalu bagaimana pola makan Anda selama ini? Sering santap makanan instan yang belum tentu terjamin kebersihannya? Jangan heran bila gejala pusing, pilek, sakit kepala, batuk yang dulu dapat dilawan imunitas tubuh dengan mudah, kini tak lagi sanggup ditaklukkan. Bahkan gejala ringan itu bisa berubah jadi penyakit berbahaya. Padahal Dr. Mark Moyad M.D., penulis buku Dr. Moyad’s No BS Health Advice, mengungkapkan pemakaian bahan-bahan alami mampu mendongkrak sistem pertahanan tubuh. So, apa saja yang bisa kita pergunakan agar kekuatan tubuh kembali prima? Simak ulasan lengkapnya di sini!

GOOD NOURISHMENTS

Minum Banyak Air
Anda tentu bosan mendengar hal ini, 8 gelas atau 2 liter air per hari wajib diasup agar badan sehat, percayalah ini terbukti manjur. Menurut Dr. Victor Sierpina, penulis buku 1000 Cures for 200 Ailments, jaringan tubuh seperti saluran pencernaan dan pernapasan membutuhkan banyak cairan guna membersihkan saluran ter sebut, sehingga bakteri dan kuman tidak berlama-lama mengendap. Meski terlihat mudah, namun kenyataannya masih banyak di antara kita yang malas minum. Sudahkah Anda mengonsumsi air putih hari ini?

Asup Probiotik
Bakteri baik atau probiotik, sering ditemui dalam kandung an yoghurt. Bakteri probiotik dipercaya bisa menaikkan daya tahan tubuh dengan baik. Probiotik ini tak hanya bermanfaat bagi pencernaan, namun juga untuk kesehatan rongga mulut. Hasil penelitian Journal of Periodontology, probiotik juga membantu melawan bakteri jahat yang ada di bagian rongga mulut.

Kunyah Anggur
Buah anggur merah dipercaya dapat menghambat atau mencegah hormon estrogen bercampur dengan molekul DNA. Ekstrak anggur mampu jadi ‘perisai’ kuat bagi tubuh melawan sel kanker. Tambah frekuensi melahap semangkuk anggur merah atau minum segelas red wine setiap malam sebelum tidur.

Makan Jamur
Jenis jamur kancing putih juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas. Jamur ini mampu memperbaiki kinerja sel darah putih untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit.

Konsumsi Quercetin
Quercetin merupakan salah satu antioksidan yang amat protektif menjaga tubuh dari serangan penyakit. Bawang merah dan apel merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan Quercetin. “Dalam sehari setidaknya Anda wajib mengasup 800-100 miligram Quercetin, jumlah ini bisa berdampak baik pada stamina,” ujar Dr. J. Mark Davis, Ph.D., pimpinan Psychoneuroimmunulogy of Exercice and Nutrion Laboratory, University of South Carolina, Columbia, AS.

Minyak Kelapa
Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, 5 sendok makan minyak kelapa murni, atau kini biasa disebut Virgin Coconut Oil dapat membantu pembakaran lemak dan mengurangi berat badan Anda. Jadi cobalah bumbui masakan Anda dengan menggunakan minyak sehat tersebut.

Camilan Kacang
Mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki kadar protein dan serat yang baik di dalam tubuh. Kandungan serat yang kaya dalam kacang, mampu mengikis lemak, sehingga memperlancar peredaran darah. Tambahkan kacang rebus atau panggang di menu hidangan Anda, minus kacang goreng ya!

Konsumsi Vitamin D

Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko meningkatnya stres hingga 20%. Seorang wanita aktif setidaknya butuh 1000 miligram vitamin D dan 2000 miligram kalsium agar tulang tetap sehat. Selain itu, pikiran bebas stres membuat energi positif selalu ada di dalam tubuh Anda, akibatnya penyakit pun menjauh!

Zinc
Seng atau zinc merupakan zat atau mineral yang ampuh menstimulus sel-sel tubuh memerangi virus agar tidak merusak sistem imunitas Anda. Kandungan zinc sebaiknya tidak melebihi 150 miligram perhari, karena berlebihan juga tidak baik. “Cobalah mengasup permen zinc lozenges atau suplemen lain yang mengandung zinc, tubuh akan bertambah lebih bugar dan tahan terhadap serangan bibit penyakit,” ujar Lisa Alschuler.

(sumber : Fitness Indonesia)

SHARE