Ferrari 458 Italia

0
64

.Raksasa Mungil Ferrari

Di balik sosok mungilnya, hadir kemampuan raksasa sebuah sport car.
Ini adalah sebuah kesempatan yang cukup langka, mengingat Ferrari 458 bersetir kanan, baru akan hadir di Indonesia pada Juli 2010. Begitu mobil turun dari truk penggendong dan mesinnya dinyalakan, suara yang dihasilkan dari pipa gas buang di tengah diffuser langsung menggelegar. Suara mesin V8 4,5 liternya berasal dari platform yang sama dengan yang digendong Ferrari California ini begitu menggoda adrenalin.
Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, mesin berteknologi direct injection ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 570 hp dan dapat berputar hingga 9.000 rpm. Distribusi tenaganya disampaikan ke roda belakang melalui transmisi 7-speed dengan teknologi kopling ganda sebagaimana yang dimiliki California. Torsi puncaknya, 540 Nm, dapat diraih pada 6.000 rpm, namun 80% dari total torsi telah dapat diraih pada 3.250 rpm. Tak heran jika pedal akselerator mobil ini begitu cepat merespon gerakan kaki kanan.
Saat mesin idle, di dalam kabinnya terasa begitu tenang, Namun, begitu pedal gasnya diinjak spontan, suara raungan knalpotnya langsung mengetarkan hati. Jarum penunjuk putaran mesin melonjak. Namun, yang paling istimewa adalah perpindahan transmisinya yang begitu cepat. Klaim Ferrari, untuk akselerasi 0?100 kpj dapat dilakukan kurang dari 3,4 detik. Putaran lingkar kemudinya mantap dan terasa cukup akurat dalam pengendalian.
Menghadapi permukaan jalan di Negeri Batik, kami mencoba mengatur tombol manettino pada mode Sport agar redaman suspensi dapat lebih bersahabat dengan kondisi jalanan. Masih ada empat setting manettino lain yang bisa dipilih, yakni Low Grip, Race, CT off, dan CST off yang menyerahkan seluruh kehebatan teknologi mobil ke tangan Anda yang berada di balik kemudinya. Tampaknya, di balik sosok mungil 458 ?dimensinya lebih kecil dari F430? terdapat sebuah kekuatan sport car raksasa,
Ya, bisa dipastikan jika pengganti F430 ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta mobil sport eksotik asal Negeri Pasta. Sesaat usai peluncurannya, kuota mobil ini untuk di Indonesia langsung ludes. Ya, jika usai membaca tulisan ini Anda berminat meminangnya, Anda perlu bersabar hingga tahun 2012 untuk mendapatkannya.
Keunggulan
– Performa hebat
– Keseimbangan pengendalian
Kekurangan
– Harga
– Keterbatasan unit
Data & Fakta
Harga               na
Mesin               V8, 4.499 cc
Tenaga            570 hp @ 9.000 rpm
Torsi                540 Nm @ 6.000 rpm
Rasio kompresi   12,5:1
Transmisi           F1 dual clutch, 7-speed
Akselerasi          0-100 kpj  Kurang dari 3,4 detik (klaim)
Konsumsi BBM    7,5 kpl (kombinasi, klaim)
(sumber : Autocar Indonesia-Irmawan Poedjoadi)
SHARE