Perhatikan Kontak Lensa Anda

0
42

.Jika Anda bermata minus atau ingin ‘mengganti’ warna bola mata Anda, kontak lensa bisa jadi pilihan. Namun, tahukah Anda bahwa kebersihan kontak lensa menjadi unsur utama dalam pemakaian kontak lensa. Jika tidak bersih, kontak lensa akan berjamur kemudian membuat mata menjadi iritasi.  Ada hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna kontak lensa, diantaranya :

  1. Sebelum membeli, ada baiknya ketahui kadar air yang terkandung dalam kontak lensa. Kontak lensa yang baik memiliki kadar air diatas 45%. kontak lensa yang memiliki kadar air tinggi akan nyaman ketika digunakan.
  2. Perhatikan masa kadarluarsa kontak lensa. Jangan menggunakan kontak lensa melebihi tanggal kadarluarsa.
  3. Saat akan menggunakan kontak lensa, pastikan tangan Anda bersih dari apapun . Cuci tangan dengan air dan sabun, lalu keringkan. Jangan pernah membersihkan tangan dengan cairan instan saat hendak menggunakan kontak lensa. Cairan instan bisa membuat tangan Anda lengket, dan bisa merusak kontak lensa Anda.
  4. Lihat kembali kontak lensa Anda. Pastikan kontak lensa dalam keadaan bersih dari debu. Jika perlu, ambil kontak lensa yang akan Anda pakai lalu basahilah dengan cairan khusus pembersih lensa. Lalu, kontak lensa siap digunakan.
  5. Jika tiba-tiba kontak lensa Anda terjatuh di lantai, segera ambil kontak lensa Anda, lalu rendam kembali kontak lensa di wadah yang berisikan cairan pembersih lensa selama 5 menit, kemudian Anda boleh menggunakan kontak lensa kembali.
  6. Apabila ketika dipakai mata Anda terasa kering, teteskan mata Anda dengan cairan khusus pembersih mata. Jika masih kering dan terasa gatal di mata segera lepas kontak lensa Anda jangan tunggu hingga mata Anda memerah.

SHARE