Marinade It Right!

0
64

.Marinade adalah racikan bumbu perendam bahan makanan mentah. Proses perendamannya disebut marinating. Marinade harus mengandung asam (dari cuka atau air jeruk) untuk mengempukkan daging; minyak agar daging/sayuran tidak kering dan lengket, baik ketika dimarinade ataupun dibakar; bumbu untuk meningkatkan cita rasa daging/sayuran yang dibakar.

1. Wadah yang cocok untuk marinating adalah wadah yang pendek dengan permukaan lebar, agar lebih mudah untuk membalik-balik bahan makanan berbumbu dan mudah untuk mengangkat bahan makanan berbumbu ke pembakaran. Wadah juga harus dipilih yang tidak bereaksi terhadap bahan asam, bisa dari stainless steel, beling, keramik, atau plastik. Jika menggunakan kantong plastik untuk marinating, alasi dengan piring untuk berjaga-jaga jika ada kebocoran.

2. Lamanya marinating berbeda-beda. Untuk daging dan unggas, perlu 30 menit marinating di suhu ruang. Jika marinating lebih dari 30 menit, simpan di kulkas untuk menjaga mutu. Balik-balik daging selama marinating agar bumbu meresap rata. Jika akan dipanggang, keluarkan daging dari kulkas, biarkan dulu di suhu ruang agar jika dipanggang tidak kaku. Seafood/ikan cukup marinating selama 15-30 menit, karena jika lebih lama kandungan asam pada marinade akan mematangkan ikan.

3. Sisa marinade dari ikan, daging, ayam mentah, tidak aman dikonsumsi. Jika ingin mengolesi ikan/daging/ayam pada waktu memanggang dengan bumbu marinade, sebaiknya sisihkan terlebih dulu marinade sebelum dicampur dengan bahan, atau buat lagi marinade yang baru.

(sumber: Good Housekeeping Indonesia)

SHARE