Splinter Cell : Conviction

0
18

.Conviction semula dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2007 lalu. Game seri kelima dari Splinter Cell ini rupanya harus menjalani desain ulang secara menyeluruh selama dua tahun terakhir.

Dalam seri ini dikisahkan agen super Sam Fisher sudah tidak lagi menjadi bagian dari organisasi Third Echelon. Plot-nya menceritakan bagaimana Sam beraksi untuk membalas dendam kepada orang-orang yang telah membunuh putrinya. Dijelaskan sendiri oleh Max Beland dari Ubisoft, jagoan dalam Conviction ini karakternya didasari oleh tiga ?JB?, yaitu James Bond, Jack Bauer dan Jason Bourne. Nama yang terakhir tampaknya memiliki pengaruh yang paling besar dalam diri Sam Fisher baru ini kalau melihat teknik bela diri Krav Maga yang dipergunakannya seperti Bourne, yaitu teknik yang menggunakan segala benda di sekitar untuk menyakiti lawan.

Meskipun action-nya lebih cepat dan dinamis, game ini masih menyisakan mode siluman atau stealth untuk menyenangkan penikmat Splinter Cell fanatik. Dengan fitur baru berupa ?mark and execute?, misalnya, Anda akan secara manual memprioritaskan sebuah kamar penuh dengan sasaran sebelum mendobrak masuk dan menyerang semua orang di sana dengan menembakkan senapan mesin. Rasanya Anda seolah berada dalam salah satu episode 24.

Secara visual, Conviction menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Ubisoft menyebutnya sebagai game pertama yang tanpa cela, dengan waktu loading tersembunyi di balik potongan scene yang sinematik yang digabungkan dengan gameplay-nya. Voiceover dan text on screen-nya ditampilkan seminimal mungkin. Arahan misi yang biasanya ditampilkan dalam proyeksi, di sini ditampilkan di dinding dan gedung di dalam permainan. Visibility meter lama digantikan dengan terobosan grafis baru lainnya, yang menampilkan pemandangan hitam-putih ketika Anda tersembunyi dari pandangan. Hasilnya, layar bebas dari tampilan grafik, angka-angka dan panel-panel lainnya. Tampak cukup mengesankan.

Sedikit kekurangannya, hal ini terkadang membuat misi Anda gagal karena adegan pria sangar menghajar Anda yang Anda saksikan ternyata bukan cuplikan, melainkan adegan game yang sedang Anda jalani. Di tengah maraknya gamegame sejenis, Conviction berkat kreasi-kreasi terbarunya berhasil memenuhi ekspektasi kita.

(Sumber: FHM Indonesia)

SHARE