Tanda – Tanda Shopaholic!!

0
47

.Belanja Impulsif
Ini terjadi jika Anda membeli suatu barang atau jasa tanpa berpikir panjang. Nah, jika keterusan, berakhir jadi belanja kompulsif, yang biasanya terjadi karena ketagihan, tertekan, marah, atau karena bosan.

Beli barang yang tak dibutuhkan
Jika Anda membeli barang hanya karena ingin membeli, bukan karena butuh. Niatnya sepotong, akhirnya keluar toko dengan lebih dari 5 potong pakaian.

Melanggar perjanjian
Bujet yang Anda alokasikan untuk belanja sering kali terlanggar. Dan jangan harap bisa menabung. Membayar tagihan saja sudah sulit!

Diam-diam
Setelah beli sepatu, Anda menaruhnya di balik lemari. Karena ada banyak pasang sepatu yang Anda punya, sudah pasti kalau ketahuan oleh si dia atau Ibu, Anda dimarahi. Apalagi mereka sudah tahu kebiasaan belanja Anda yang berlebihan dan sudah tak terhitung berapa kali Anda bertengkar karena masalah ini. Selain itu, Anda secara rahasia punya beberapa buah kartu kredit. Dulu alasannya untuk ‘just in case’, namun sekarang itu sudah bukan untuk keadaan darurat lagi. Anda bak tersesat tanpa ada kartu kredit di dompet, karena Anda jarang sekali beli pakai uang tunai.

Pengembalian Barang
Karena merasa bersalah, Anda mencoba untuk mengembalikan barang tersebut. Dan untuk merayakannya, Anda belanja lagi.

Memilih sendiri
Biasanya, seorang shopaholic lebih senang untuk belanja seorang diri. Dengan begitu, ia bisa membeli apapun yang ia mau tanpa ada ‘suara’ lain yang menahan mereka.

Black Out!
Betul, tanda-tanda seorang shopaholic adalah lupa kalau ia pernah membeli sesuatu. Ketika bongkar lemari pakaian, menemukan beberapa yang sama sekali belum pernah dipakai, lengkap dengan label harganya. Kadang lupa, ‘Ini beli di mana, ya?’

Dikejar-kejar
Untuk kasus parahnya, bisa-bisa Anda mengganti nomor ponsel karena sudah terlalu sering dikejar-kejar oleh debt collector karena tak sanggup membayar tagihan kartu kredit, sudah tak terhitung berapa kali mereka datang ke rumah, bahkan ‘berkunjung’ ke kantor.

(sumber: Cosmopolitan Indonesia)

SHARE