Jangan Sampai Rontok!

0
43

.Kalau rambut sehat dan Indah Anda tidak dijaga, bisa berakhir dengan kerontokan. Sebelum itu terjadi pada Anda, kenali dulu hal-hal yang membuat rambut Anda Rontok!

Ya, ada banyak faktor yang mengakibatkan rambut bisa jadi kusam dan rontok. Nah, sebenarnya tiap hari rambut memang mengalami kerontokan. Kalau jumlah rambut rontok mencapai angka di atas 50 helai sehari, maka Anda patut waspada. Apalagi kalau kerontokan yang terjadi mencapai 100 helai per harinya. Ini merupakan tanda awal dari kebotakan. Duh, Anda tentu tidak mau sampai botak, bukan?

Ingin segera membereskan masalah ini? Bisa saja. Tapi sebelumnya, Anda harus tahu dulu jenis kebotakan dan kerontokan seperti apa yang Anda miliki.

Kebotakan Karena Hormon

Kebotakan ini disebabkan oleh hormon Androgen atau Alopecia Androgenic, biasa dialami oleh kaum pria. Tapi, jangan senang dulu, karena masalah ini juga bisa terjadi pada wanita terutama dalam masa menopause.

Kebotakan Setempat
Kebotakan ini disebut juga Alopecia Areata, yaitu kerontokan yang terjadi terutama pada wanita yang tengah hamil, pasca demam tinggi atau pasca operasi.

Penyakit Kronis
Penyakit kronis ini biasanya berupa jamur dan bakteri pada kulit kepala, penanganan rambut yang salah, hingga obat-obatan.

Apabila kerontokan telah mencapai ketiga kondisi di atas, maka penanganannya harus ditangani oleh dokter ahli. Karena penggunaan bahan-bahan kimia yang salah malah akan semakin memperparah kondisi rambut. Dan tentunya Anda harus bersabar karena pengobatan itu akan bertahap dan memakan waktu tidak sebentar. Tapi, demi rambut tebal, indah dan berkilau, mengapa tidak?

(sumber: Cosmopolitan Indonesia)

SHARE