Cerah Dengan Olahraga

0
24

.Banyak ahli menganjurkan olahraga rutin sebagai salah satu cara untuk tetap tampil awet muda, termasuk memiliki kulit yang sehat dan segar.

“Bukan rahasia lagi kalau olahraga mempunyai manfaat besar untuk seluruh tubuh. Namun sering tidak disadari bahwa kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita, dan karenanya manfaat olahraga akan terlihat nyata di kulit,” ujar Audrey Kunin, MD, dokter kulit yang juga penulis buku The DERMAdoctor Skinstruction Manual.

Apa saja dampak positif olahraga untuk kulit Anda?

MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH dan distribusi nutrisi ke sel-sel kulit, dan membantu membuang zat racun dari dalam tubuh ?seperti asap rokok, polusi udara, bahkan senyawa kimia yang kerap ditemukan dalam produk kecantikan seperti hairspray, deodoran atau shower gel. Semakin baik sirkulasi darah kita, semakin efektif pembuangan zat racun dalam tubuh.

MEMBANTU PRODUKSI KOLAGEN, kolagen, semacam jaringan pendukung yang mengisi sel kulit.”Seiring pertambahan usia, fibroblast atau sel yang memproduksi kolagen di dalam kulit, akan semakin berkurang jumlahnya dan semakin ‘malas’,” ujar Kunin. Akibatnya kulit menjadi lebih kendur, kering, dan berkerut. Namun dengan latihan rutin, sel kulit akan cukup mendapatkan oksigen dan nutrisi-nutrisi penting lainnya. Kon- disi ini sangat ideal untuk produksi kolagen.

MENGURANGI JERAWAT Bila kulit Anda rentan ditumbuhi jerawat, maka olahraga sangat dianjurkan. Mengapa? Olahraga membantu mengontrol produksi hormon-hormon yang berhubungan dengan testosteron seperti DHEA dan DHT. Hormon ini juga dikenal sebagai pemicu tumbuhnya jerawat. “Ada banyak bukti tak langsung yang menunjukkan bahwa ketika Anda olahraga maka kadar stres Anda akan berkurang. Artinya, kelenjar adrenal akan kurang aktif memproduksi hormon tipe ini,” ujar David Berman, MD, dokter kulit dan bedah kosmetik di Berman Skin Institute, Palo Alto, California.

MENGURANGI SELULIT. Olahraga tertentu, menurut Kunin dapat membantu mengurangi selulit yang kerap bercokol di bokong, paha belakang, dan lengan bagian atas. Selulit terbentuk saat jalinan fibroblast di dalam kulit tertarik dan membentuk gumpalan di kantung lemak. Dengan pembentukan dan peregangan otot melalui latihan seperti Pilates atau latihan beban, proses tersebut bisa dibalik.

(sumber: Good Housekeeping Indonesia)

SHARE