Dresscode: Paspor Gaya dalam Berpesta

0
75

.Bersiaplah untuk menghadiri beragam invitasi dengan tampil modis. Taati dress code dan ikuti tip inspiratif dari Cosmo. Let’s party!

Tampil fabulous di pesta? It’s a must! Busana apa yang tepat untuk Anda kenakan saat bertandang ke acara tersebut? Tengok invitation secara seksama, tema pesta apa yang diusung.

Terkadang Anda diwajibkan berpakaian formal atau hanya berpenampilan casual. Biasanya di dalam invitation tercantum dress code yang harus Anda kenakan. Jangan sampai salah busana bila Anda tak ingin menjadi buah bibir, karena mentaati dress code itu sangat penting!

Dengan mengikuti aturan, tandanya Anda menghormati host dan event tersebut. So, bagaimana caranya?

Etika Berbusana
Kode berbusana di suatu pesta kadang-kadang bisa menjadi tricky bila tidak tahu cara tepat untuk menyiasatinya. Nah, simak beberapa dress code beserta acara berpakaian berikut yang bisa Anda terapkan saat menjadi host atau hanya sekedar tamu.

White tie/ultra formal

Kini saatnya memamerkan gaun panjang nan elegan yang jarang Anda pakai. Sedangkan untuk pria padankan men’s tailcoat atau jas dengan bagian buntut panjang bersama vest putih, kemeja dan dasi kupu-kupu.

Black tie/formal
Jatuhkan pilihan pada gaun selutut atau semata kaki. Sedangkan untuk si dia, cukup kenakan setelan tuxedo saja.

Semi formal/informal
Pamerkan tungkai jenjang dngan gaun pendek atau panjang selutut. Dan bagi psangan Anda, setelan jas hitam dan dasi akan terlihat pas saat bersandingan dengan Anda.

Cocktail
Langkahkan kaki dengan percaya diri bersama balutan mini dress atau kenakan atasan terbaik Anda bersama rok dan high heels. Bagi pria setelan jas berona gelap adalah pilihan terbaik.

Dressy Casual
Tak perlu mengenakan gaun, cukup padankan rok dengan atasan atau ganti bawahan dengan celana rapi bermaterial kain. Si Dia pun bisa menemani Anda hanya mengenakan blazer atau kemeja saja. Hindari jeans.

Casual
Busana apapun bisa Anda kenakan, namun tampil gaya tetap menjadi kewajiban sebagai wanita Cosmo.

Beberapa kode busana ini yang umumnya sering dipakai saat menggelar event. Namun terkadang undangan perhelatan pun sering muncul dengan tema nan extravagant.

Yup, sebagai contoh, salah satu club di Jakarta yang baru saja berulangtahun, mengangkat tema Moulin Rouge. Para pengunjung pun diharapkan datang dengan gaun bertema 20an. Beberapa sosialita terlihat melangkah masuk dengan headband bulu di kepala, sarung tangan lace, plus gaun dengan aplikasi tassel dan high heels tinggi menjulang. Wow, amazing!

(sumber: Cosmopolitan Indonesia)

SHARE