Chevrolet Spark 1.2 LT

0
29

.Mobil yang Mengubah Kebiasaan
Robot kecil Chevrolet yang akan mengubah kebiasaan Anda berkendara.

Kekuatan desain yang ditawarkan oleh Chevrolet Spark generasi kedua, memang menjadi daya tarik mobil mungil ini. Kesan agresif menonjol dari garis-garis tegas di badannya, termasuk lampu utamanya yang besar dan meruncing. Yang lebih unik, di pintu belakang, bukaan pintunya diletakkan di bagian atas pintu, dimana biasanya terletak kaca kecil dekat pilar-C.

Dari dimensinya, Spark terbaru tampil lebih besar dari generasi pendahulunya, total panjangnya 145 mm lebih panjang, 102 mm lebih lebar dan 51 mm lebih tinggi. Alhasil, kabinnya juga terasa jauh lebih lapang dibandingkan Spark lama. Desain interior yang ditawarkan Spark, juga tak kalah menarik dari tampilan eksteriornya. Panel instrumen di balik kemudinya terinspirasi dari panel instrumen sepeda motor, tampil unik dengan desain asimetris, yang memadukan bulatan speedometer analog dengan layar LCD digital di sisinya.

Dimensi kompak Spark membuatnya lincah bermanuver. Mesin 1,2 liter yang memiliki tenaga puncak 82 hp dan torsi maksimum 108 Nm di balik bonnetnya juga memberikan dorongan yang bisa dibilang memuaskan di dalam kota.

Namun begitu menghadapi medan menanjak yang curam, mesin Spark harus bekerja keras menyuguhkan torsi puncaknya hingga putaran 4.800 rpm, bahkan untuk mencapai tenaga puncak, mesinnya harus bekerja di putaran mesin 6.400 rpm. Alhasil untuk menjaga momentum kecepatan saat menyusul atau menghadapi tikungan, Anda cukup perlu disibukkan dengan tuas transmisinya. Beruntung, tuas transmisinya cukup menyenangkan untuk digunakan, pergerakannya ringan dan akurat saat berpindah gear. Remnya juga sigap berkat paduan tepat antara rem cakram berventilasi di depan dan rem tromol di bagian belakang.

Menghadapi kondisi jalan di Tanah Air yang relatif buruk, Chevrolet tampaknya perlu berkompromi antara kenyamanan dan daya tahan suspensi. Peredamannya yang terasa keras saat menghadapi lubang-lubang di sepanjang perjalanan harus diterima demi mendapatkan daya tahan yang lebih baik untuk suspensinya.

Namun Spark dengan banderol harga Rp. 139 juta (on the road) hadir dengan tawaran fitur yang disediakannya, antara lain sistem audio dengan In-dash CD player yang terintegrasi langsung dengan dashboard dan dapat memutar file musik berformat MP3. Untuk jaminan keselamatan, Spark telah mendapatkan empat bintang dari lembaga uji keselamatan di Korea Selatan.

Salah satu hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah konsumsi bahan bakar yang diklaim oleh Chevrolet mampu mencapai 19,15 kpl. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan oleh beberapa jurnalis di Bali medio Juni lalu, Spark dapat menorehkan konsumsi bahan bakar lebih dari 25 kpl! Meski begitu, Angka konsumsi bahan bakar yang hemat ini sangat bergantung dengan kebiasaan Anda mengemudi, dan Spark memiliki potensi untuk memberikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, sebagai mana Spark dapat mengubah kebiasaan Anda membuka pintu.

Keunggulan
– Harga kompetitif
– Desain yang menarik
– Jaminan keselamatan

Kekurangan
– Pengaturan posisi mengemudi
– Akses ke bagasi

Data & Fakta
Harga             Rp. 139.000.000
Mesin              4-silinder segaris, 1.206 cc, DOHC
Tenaga           82 hp @ 6.400 rpm
Torsi               108 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi         Manual, 5-speed
0?100 kpj        12,1 detik (klaim)
Konsumsi BBM  19,15 kpl (klaim)

(sumber:Autocar Indonesia)

SHARE