Sehatnya Berkebun dalam Keadaan Telanjang

0
67

.Tidak masuk akal rasanya, bila kita harus menanggalkan baju kita saat berkebun. Bukannya sehat, kita justru akan sakit karena terkena angin yang menggelitik tubuh kita yang tak terlindungi oleh sehelai benang pun. Lain halnya bila kita tidak melihat hal itu secara harafiah, melainkan dalam bentuk metafora.

Berkebun dalam keadaan telanjang, atau dalam bahasa inggris disebut gardening nude, hanya istilah yang dipakai untuk menggambarkan gaya hidup baru yang sehat. Kata nude melambangkan ketelanjangan diri kita sebagai manusia. Bebas dari keinginan duniawi, materi. Membuang semua perasaan stres dan emosional, sehingga hidup akan terasa lebih mudah. Kita akan menjadi lebih bahagia dan mendapatkan kepuasan batin karena tidak terikat oleh unsur materialistik, layaknya telanjang, yang bebas tidak terikat oleh pakaian apa pun.

Sedang gardening merujuk pada hidup manusia. Dalam berkebun, tentu kita menginginkan tumbuhan yang kita tanam semakin berkembang, bukan? Begitu pula dengan hidup kita. Untuk membuat hidup lebih berarti dan berkualitas. Kita mulai membentuk komunitas-komunitas baru dalam bisnis dan kehidupan personal untuk kepentingan kemanusiaan.

Poin penting bergaya hidup gardening nude adalah untuk hidup lebih “hijau” dan lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Cara hidup kembali ke alam dengan menyederhanakan diri ini pertama kali oleh Shawna Lee Coronado – seorang kolumnis surat kabar harian, CEO The Casual Gardener dan MAD 4 World Enterprises, serta pembicara terkenal dalam hal lingkungan dan kesehatan – pada tahun 2008.

(*Dari Berbagai Sumber)

SHARE