Sudahkah Anda Berolahraga?

0
53

.Pertanyaan inilah yang harus ditanyakan ke dalam diri kita masing-masing. Jika Anda merasa sudah berolahraga, pertanyaan berikutnya adalah berapa kali Anda olahraga dalam seminggu? Olahraga apa yang saya lakukan? Dan sebagainya…

Olahraga memang menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, selain dari makanan yang sehat dan vitamin tentu saja kita harus berolahraga.

Banyak manfaatnya bila Anda berolahraga :

1. Pertama tentu saja untuk kesehatan fisik dan mental. Tubuh akan merasa bugar, organ-organ ditubuh kita pun memperbaiki strukturnya, jantung semakin sehat. Penyakit pun tidak mudah datang, orang lain melihat kita seperti bersemangat dan penuh gairah hidup. Tulang pun tumbuh kuat, otot-otot semakin elastis dan kuat.
Namun berolahraga yang berlebihan pun akan membawa dampak yang tidak baik bagi tubuh. Tidak semua orang mempunyai daya tahan tubuh yang sama. Pergerakan otot dan tulang yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan cidera otot dan persendian. Kalau sudah begini, fokus latihan bukan lagi mengacu kepada proses pembentukan tapi proses penyembuhan tubuh yang cidera.

2. Kedua, berolahraga untuk berprestasi.
Bila Anda seorang atlet, kegiatan seperti ini sudah tentu menjadi rutinitas sehari-hari. Bahkan Anda dibayar untuk latihan supaya Anda menjadi juara disetiap pertandingan dan kompetisi.
Bila Anda menjadi juara, Anda tidak hanya membawa harum nama negara atau organisasi yang Anda wakili, tapi juga membawa nama Anda sendiri. Anda akan dikenal dengan prestasi yang gemilang.

3. Terakhir, Anda berolahraga untuk kesenangan.
Tidak ada salahnya berolahraga untuk hobi atau kesenangan diri. Mungkin saja Anda akan menemukan kedamaian dalam berolahraga. Contoh olahraga yang tidak menggunakan fisik yang kuat adalah Golf. Golf akan melatih Anda untuk mengkoordinasikan tubuh bagian atas dan bawah. Contoh lainnya adalah Catur. Olahraga yang mengandalkan konsentrasi otak dan kesabaran bermain peminatnya.

Jadi. apakah Anda akan mulai berolahraga? Dan olahraga seperti apa yang akan Anda pilih? Hanya Anda yang tahu jawabannya. Selamat berolahraga!!

(Dari berbagai sumber)

SHARE