Tutupi Kepala dan Wajah, maka Anda Akan Terkenal!

0
112

.Seorang Didik Nini Thowok memakai topeng dia atas panggung sebagai bagian dari plot cerita dan karakter tarian yang dibawakannya. Namun, apa alasannya, bila sebuah band atau seorang musisi selalu mengenakan penutup kepala, topeng, atau riasan tebal bak badut untuk menutupi wajahnya pada saat tampil di depan publik? Ingin menarik perhatian masyarakatkah? Berusaha tampil bedakah? Sayangnya, penampilan seperti ini sudah tidak bisa lagi dikatakan baru dan berbeda, karena banyaknya bermunculan band, yang memiliki ciri khas serupa.

Tidak usah jauh-jauh, di dalam negeri bisa kita saksikan sendiri kemunculan band baru, Kuburan Band dengan ciri khas riasan putih tebal, layaknya tokoh-tokoh psikopat di film-film thriller. Pencipta lagu Lupa-Lupa Ingat ini mengingatkan kembali akan gaya panggung grup band rock asal New York, Kiss. Tidak hanya make-up pada wajah yang serupa, namun juga jenis pakaian hitam-hitam metal, yang dipilih. Beruntung jenis musik mereka berbeda. Bila Kiss mengusung aliran murni rock, maka Kuburan membawakan lagu-lagu dengan kombinasi unsur pop.

Umumnya, band-band yang menggunakan atribut topeng-topeng mengerikan dan penutup seluruh kepala yang nyentrik adalah mereka yang berada pada jalur musik keras. Sebut saja aliran musik rock alternatif, death metal, trash metal, hard rock, dan heavy metal. Terkenal atau tidak, penampilan mereka benar-benar terlihat seperti orang yang sakit jiwa. Banyak alasan tak masuk akal yang mereka utarakan mengenai hal ini. Buckethead – contohnya – selalu mengenakan bucket untuk menutupi kepalanya, karena dia mengaku telah dibesarkan oleh seekor ayam. Lain lagi dengan Gwarf. Band penulis lirik-lirik vulgar, yang mengusung aliran trash metal ini mengaku datang dari luar angkasa untuk memerintah dan mengambil alih planet bumi.

Selain grup beraliran keras, seprti Slipknot atau Mushroomhead, yang menutupi wajah mereka dengan topeng, yang sesuai karakter dan kepribadian personil mereka masing-masing, ternyata ada satu grup yang mengusung aliran musik berbeda. Berasal dari perancis, duo elektronik ini memperkenalkan diri sebagai Daft Punk. Memainkan house music, mereka terlihat seperti robot dengan kepala tertutup benda seperti helmet berkesan robotik.

Pertanyaannya cuma satu, bagaimana perasaan mereka menutupi seluruh kepala tanpa ada udara yang masuk, saat keringat mengucur deras pada wajah? Sulit, ya mencari uang…

(*Dari Berbagai Sumber)

SHARE