Kecintaan Pada Teknologi untuk Kepentingan Sosial

0
32

.Jangan mengaku pecinta robot, bila Anda belum mengetahui “kelahiran” Dustbot, si robot sampah. Arti robot sampah bukanlah robot yang tidak berguna, melainkan robot yang berfungsi mengangkut sampah.

Modern dan “berjiwa” sosial tinggi, itulah karakteristik Dustbot. Robot unik ini akan melayani masyarakat dalam hal sosial. Dia akan menghampiri orang-orang yang menghubunginya melalui telepon genggam. Dilengkapi GPS dan sensor gerak, dijamin Dustbot tidak akan nyasar.

Bila Dustbot sudah sampai ke lokasi Anda, tidak perlu melakukan salam hangat dengan berpelukan atau cium pipi dengannya. Cukup masukkan sampah yang sudah Anda pack rapi di kantong plastik ke dalam “tubuh” Dustbot. Sebelum diangkut sang robot, pilih dulu tipe sampah yang hendak Anda buang. Dengan sigap Dustbot akan membawa dan mendaur ulang sampah tersebut ke tempat yang telah ditentukan.

Dustbot benar-benar dapat diandalkan. Dia mampu menyusuri gang-gang dan jalanan kecil yang tidak mampu dilewati mobil-mobil besar, seperti truk pengangkut sampah. Sayangnya, robot mutakhir ini hanya kuat berjalan sepanjang 16 kilometer sebelum melakukan pengisian ulang energi baterai dan baru dapat ditemui di kota Pisa, Italia.

Siapkah Anda bersaing dengan peneliti dari Scuola Superiore Sant? Anna CRIM Lab, yang tak lain adalah pencipta Dustbot, untuk “melahirkan” Dustbot baru yang lebih canggih di negeri kita sendiri?

(*Dari berbagai sumber)

SHARE