Kegiatan Amal Zinedine Zidane

0
38

.Siapa yang tidak tahu Zinedine Zidane? Seorang pemegang Ballon d’Or tahun 1998 keturunan Aljazair kewarganegaraan Perancis ini sudah pensiun dari dunia sepakbola sejak tahun 2006. Selain mempunyai banyak prestasi di dunia sepakbola, rupanya Zidane juga banyak bergumul dengan dunia amal.

Tanggal 24 Februari 2007, Zidane mencetak gol pertama untuk Thailand dan gol kedua untuk Malaysia demi sebuah kegiatan pengumpulan dana AIDS yang diadakan di bagian utara Thailand. Hasil dari acara amal tersebut sebanyak 260 ribu baht atau setara dengan AS$7.750 dan uang tersebut digunakan untuk pembangunan gedung dua sekolah dan 16 buah rumah ber-tiga kamar tidur.

Kemudian pada tanggl 19 Nopember 2008, Zidane dan Ronaldo juga berpartisipasi dalama acara tahunan mengentaskan kemiskinan kelima yang diadakan di Malaga, Spanyol. Acara ini diadakan oleh Program Pengembangan PBB dan biasanya didukung oleh para atlet terkenal dan selebritis. Seperti yang dikatakan Zidane semasa menjabat sebagai Duta Besar Kebaikan PBB tahun 2001, “semua orang bisa melakukan sesuatu untuk membuat dunia yang lebih baik”.

Bulan Juni dan Juli setahun kemudian, tahun 2009, Zidane bersama Fabien Barthez dan Samuel Eto’o keliling Kanada dan mampir di Toronto, Montreal, dan Vancouver untuk pertandingan persahabatan bersama pemain lokal. Sayangnya pertandingan persahabatan ini kurang didukung oleh Asosiasi Sepakbola Kanada, bahkan beberapa didukung oleh Unicef.

Tidak hanya sampai disitu kegiatan sosial Zidane, tanggal 6 Juni 2010 Zidane juga berpartisipasi dalam kegiatan amal dua tahunan yang diadakan oleh Soccer Aid. Zidane bermain untuk Tim Gabungan Dunia yang dikelola oleh Liverpool dan pahlawan Celtic, Kenny Dalglish melawan mantan anggota tim Real Madrid, Luis Figo dan legenda Celtic Henrik Larsson. Selain melawan para mantan anggota timnya, dia juga melawan selebritis seperti Robbie Williams. Pertandingan ini berlangsung di Old Trafford, Manchester dan dia menang penalti karena seri 2-2.

(Dari berbagai sumber)

SHARE